Usai Imbangi Panama, Menang atas Maroko Harga Mati Bagi Timnas di Piala Dunia U17

Laga timnas Indonesia U17 vs Panama berakhir imbang 1-1, Senin 13 November 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Foto pssi

Jakarta, Beritasidrap.com – Satu-satuya jalan agar Timnas U17 bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U17 adalah memenangkan laga terakhir. Tim U-17 Indonesia memang kembali meraih hasil positif di Piala Dunia U-17 2023.

Iqbal Gwijangge dkk bermain imbang 1-1 kontra Panama dalam laga kedua Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/11). Hasi ini membuat Timnas berada di posisi ketiga dengan 2 poin hasil dua imbang.

Jika tidak menang, maka Indonesia hanya bisa finis di posisi ketiga. Namun jika menang atas Maroko di laga terakhir itu maka membuka peluang juara grup atau runner up.

Pada laga tadi malam Panama mampu unggul dulu berkat gol yang dicetak oleh Oldemar Castillo pada menit 45+3. Timnas Indonesia U-17 berhasil membalas lewat gol Arkhan Kaka di menit ke-54.

Anak asuh Bima Sakti sempat menghadapi situasi sulit pada babak pertama. Panama terus menekan dan Timnas Indonesia U-17 kesulitan keluar dari tekanan itu.

Baca Juga:   Jadwal dan Klasemen Grup A PIala Dunia U17, Timnas Indonesia Runner-up

“Saya sampaikan ke pemain bahwa di awal kami mau menang. Tapi, kalau tidak bisa menang, minimal seri. Jangan sampai kalah. Babak pertama mereka mendapat tekanan yang luar biasa dari pemain Panama sampai mereka bikin gol,” ungkap Bima Sakti.

Pelatih berusia 47 tahun itu berusaha membangkitkan mental para pemainnya saat turun minum. Hal itulah yang menjadi salah satu kunci penting timnya akhirnya mampu mencetak gol penyama kedudukan.

“Di babak kedua, saya bangkitkan pemain di ruang ganti. Mereka sempat down, murung, saya bilang tidak boleh menyerah atau putus asa. Tim Indonesia bagus. Sekelas Piala Dunia senior, Argentina juga bisa kalah lawan Arab Saudi,” ungkap Bima Sakti.

“Saya bilang bisa. Tidak ada yang salah di sini. Lupakan babak pertama, sekarang fokus babak kedua. Alhamdulillah pemain bisa lepas menciptaan beberapa peluang di babak kedua dan akhirnya mencetak gol,” imbuhnya.

Baca Juga:   Piala Dunia U-17 Hari Ini: AS vs Faso, Prancis vs Korsel dan New Zealand vs Jerman

Secara terpisah, pelatih Panama Mike Stump, merasa antusias meski gagal menang. Sebab, ini merupakan poin pertama mereka di Piala Dunia U-17 setelah sebelumnya dipaksa takluk 0-2 saat melawan Maroko.

“Ini pertandingan yang sulit. Rasanya seperti neraka (panas) saat berlari. Pemain ingin menang karena pertandingan ini penting buat kami. Kami akan menghadapi Ekuador dengan lebih percaya diri. Tapi, kami harus mengaku tim Indonesia bermain bagus,” ujarnya.

Panama sendiri tercatat baru mengoleksi satu poin dan tetap berpeluang untuk lolos ke fase gugur.

Di laga terakhir Grup A, mereka akan menghadapi sang pemuncak klasemen Ekuador di Stadion Manahan, Surakarta (16/11) pukul 19.00 WIB.

Baca Juga:   Jadwal Babak 16 Besar Piala Asia: Timnas Indonesia vs Australia, Live 28 Januari 2024

Sedangkan Indonesia dijadwalkan menghadapi Maroko di Stadion GBT pada hari dan jam yang sama. Kedua tim ini juga masih berebut tiket lolos ke babak 16 besar.

Klasemen Grup A
1. Ekuador 2 1 1 0 3-1 4
2. Maroko 2 1 1 0 2-2 3
3. Indonesia 2 0 2 0 2-2 2
4. Panama 2 0 1 1 1-3 1