Lokasi Ngabuburit Populer di Bulan Puasa Ramadhan, dari Jakarta hingga Makassar

Masjid salah satu tempat ngabuburit pada bulan Ramadhan

Jakarta, Beritasidrap.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh aktivitas ibadah.

Salah satu kegiatan yang identik dengan bulan Ramadhan adalah ngabuburit, yaitu aktivitas menunggu waktu berbuka puasa.

Bagi masyarakat perkotaan, mencari tempat ngabuburit yang nyaman dan menyenangkan menjadi hal yang penting. Berikut adalah beberapa tempat ngabuburit terbaik di bulan puasa Ramadhan yang bisa Anda kunjungi:

1. Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman Suropati merupakan salah satu taman kota yang populer di Jakarta Pusat. Taman ini memiliki suasana yang asri dan rindang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit. Di sini, Anda dapat bersantai di bangku taman, menikmati pemandangan, atau sekadar berjalan-jalan.

2. Taman Menteng, Jakarta Pusat

Taman Menteng juga merupakan taman kota yang populer di Jakarta Pusat. Taman ini memiliki luas yang cukup besar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lapangan olahraga, area bermain anak, dan panggung pertunjukan. Selama bulan Ramadhan, Taman Menteng biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit.

3. Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat

Monas merupakan salah satu ikon kota Jakarta. Monumen ini memiliki area yang luas dan terbuka, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar monumen.

4. Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan indah. Selama bulan Ramadhan, Masjid Istiqlal biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat beribadah, mendengarkan tausiyah, atau sekadar menikmati suasana masjid yang tenang.

Baca Juga:   Arti Taqabbalallahu minna wa minkum

5. Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat

Kota Tua Jakarta merupakan kawasan bersejarah yang terletak di Jakarta Barat. Kawasan ini memiliki banyak bangunan tua yang unik dan menarik. Selama bulan Ramadhan, Kota Tua Jakarta biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat berjalan-jalan, berfoto, atau sekadar menikmati suasana kota tua yang khas.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur

TMII merupakan taman wisata yang memiliki luas sekitar 150 hektar. Taman ini memiliki banyak wahana dan atraksi yang menarik. Selama bulan Ramadhan, TMII biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai wahana, seperti kereta gantung, kereta api mini, dan bioskop 4D.

7. Ancol Taman Impian, Jakarta Utara

Ancol Taman Impian merupakan kawasan wisata yang terletak di Jakarta Utara. Kawasan ini memiliki banyak wahana dan atraksi yang menarik, seperti Dufan, Sea World, dan Atlantis Water Adventure. Selama bulan Ramadhan, Ancol Taman Impian biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai wahana, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai.

8. Kebun Raya Bogor, Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kebun raya terbesar di dunia. Kebun raya ini memiliki koleksi tanaman yang sangat lengkap dan beragam. Selama bulan Ramadhan, Kebun Raya Bogor biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat berjalan-jalan, menikmati pemandangan alam, atau sekadar bersantai di bawah rindangnya pepohonan.

Baca Juga:   Tetap Sehat dan Bugar di Hari Lebaran, Tips Menjaga Kondisi Fisik dan Mental

9. Puncak, Bogor

Puncak merupakan kawasan wisata yang terletak di Bogor. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Selama bulan Ramadhan, Puncak biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam, berfoto, atau sekadar bersantai di kafe atau restoran.

10. Bandung

Bandung merupakan kota yang dikenal dengan keindahan alamnya dan kulinernya yang lezat. Selama bulan Ramadhan, Bandung biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Kawah Putih, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau Trans Studio Bandung. Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Bandung, seperti batagor, siomay, dan cilok.

11. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang dikenal dengan budaya dan sejarahnya yang kaya. Selama bulan Ramadhan, Yogyakarta biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, atau Keraton Yogyakarta. Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta, seperti gudeg, bakpia, dan wedang ronde.

12. Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Kebun Binatang Surabaya, Museum Mpu Tantular, dan Jembatan Suramadu. Selama bulan Ramadhan, Surabaya biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang Jalan Tunjungan.

Baca Juga:   Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

13. Medan

Medan merupakan kota terbesar di Sumatera Utara. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Istana Maimun, Masjid Raya Al-Mashun, dan Danau Toba. Selama bulan Ramadhan, Medan biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang Jalan Kesawan.

14. Makassar

Makassar merupakan kota terbesar di Sulawesi Selatan. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, dan Masjid Raya Makassar. Selama bulan Ramadhan, Makassar biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang Jalan Somba Opu.

15. Palembang

Palembang merupakan kota terbesar di Sumatera Selatan. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Jembatan Ampera, Masjid Agung Palembang, dan Benteng Kuto Besak. Selama bulan Ramadhan, Palembang biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin ngabuburit. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang Sungai Musi.