Viral di FB, Video Mahasiswi Makassar Promosikan Diri Minta Dilamar

oleh

MAKASSAR – Dunia maya kembali heboh di Makassar, Sulsel Rabu 21 Februari 2018. Kali ini terkait maraknya unggahan video mahasiswi yang mempromosikan diri di sosial media seperti Facebook (FB) untuk dilamar.

Video mahasiswi ini pun banyak beredar dan menjadi kontroversi di kalangan warga Sulsel. Seperti yang banyak ditanggapi lewat status FB oleh warganet khususnya warga Bulukumba.

Pada video itu menampakkan mahasiswi yang merekam dirinya. Dia pun mempromosikan diri untuk dinikahi. Bahkan mahasiswi itu menyebut nama, identitas keluarga dan alamatnya untuk mereka yang berminat.

Seperti video seorang mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), jurusan Pendidikan Teknik Elektro, TS. Video berdurasi 33 detik miliknya beredar di grup-grup WhatsApp dan Facebook.

TS mengawali videonya dengan ucapan salam, selanjutnya menyebutkan latar belakang pendidikannya.

“Buat kalian yang ingin beristri secepatnya bisa hubungi saya, alamat saya di Bulukumba atau lebih tepatnya kalian bisa menghubungi dosen saya,” katanya.

Meski sempat mengklarifikasi bahwa video itu hanya iseng dan bercanda, namun sudah viral sosial media. Tak sedikit memberikan kritik pedas karena menyinggung institusi pendidikan. Termasuk kritik terhadap norma sosial dan kearifan lokal perempuan Bugis-Makassar.

“Sudahlah dikz. Cari jodoh nda sebercanda itu. Tenang maki tulang rusuk tidak akan tertukar. Jangan mendegradasi sisi eleganta sebagai wanita. Persiapkan saja dirita. Aisyahkan mi diriita dulu untuk dapat sosok “muhammad”. Mau Bercanda atau serius Konten ini nda asiek,” tulis Idho salah seorang pemuda Bulukumba di FB.

“Perlu mendudukkan fenomena ini disebuah ruang diskusi bersama pakar budaya, pendidikan dan pemerhati perempuan dan yang peduli pada anak dara dan budaya Sulawesi Selatan,” tulis Rahman Mappasessu.