Tak Registrasi Ulang, Paket Internet Pelanggan Telkomsel di Sidrap Diblokir

oleh

PANGKAJENE – Pihak Telkomsel tampaknya tak main-main dengan ancaman pemblokiran kartu jika pelanggan tak melakukan registrasi ulang. Hal itu juga dialami sejumlah pelanggan Telkomsel di Kabupaten Sidenremg Rappang, Sulsel.

Sejak tanggal 22 April 2018, pelanggan mengaku resah dengan pemblokitan paket data internet. “Baru hari ini tidak bisa buka internet. Paketnya ada sinyal kuat cuma tidak bisa akses internet,” kata Akbar, warga Pangkajene saat ditemui Minggu 22 April 2018.

Informasi dihimpun beritasidrap.com, paket data sejumlah pelanggan diblokir karena belum melakukan registrasi ulang. Hal itu mengacu pada Peraturan Menkominfo No.12 tahun 2016, mulai 31 Oktober 2017 pemerintah mewajibkan pengguna kartu seluler (pelanggan baru dan lama) melakukan registrasi kartu SIM sesuai dengan data identitas yang tertera di KTP (nomor induk kependudukan/NIK) dan kartu keluarga (KK).

Sejumlah kios penjualan kartu data internet di Sidrap terpaksa meminta nomor KTP dan KK pembeli. “Sudah tidak bisa langsung aktif. Harus menunjukkan dulu nomor KTP sama KK baru didaftarkan ulang,” kata Riskawati, pemilik sebuah kios Pulsa di Jalan ganggawa Sidrap.

Pengguna kartu Telkomsel, baik simPATI, kartu As atau kartu Loop dapat melakukan registrasi ulang melalui layanan SMS ke nomor 4444 dengan mengetik pesan: ULANG NIK#Nomor KK#.

Jika pelanggan baru, dapat mengirim SMS ke nomor 4444 dengan cara mengetik pesan REG NIK#KK#.