Sepenggal Cerita Sifu Maurice Novoa, Keuletan dan Semangat Keras untuk Dunia Wing Chun

- Editor

Senin, 25 Desember 2023 - 14:34 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sifu Maurice Novoa

Sifu Maurice Novoa

Jakarta, Beritasidrap.com – Ini adalah sepenggal kisah perjalanan seorang master di dunia seni bela diri, Wing Chun.

Dia adalah Sifu Maurice Novoa, seorang pelatih yang telah aktif menjaga warisan tokoh dan master Wing Chun dunia di Melbourne.

Di tahun 2012, sebuah pertemuan tak terduga di Academia Gran Maestro William Cheung di Melbourne, Australia, menjadi babak baru dalam hidup Gran Maestro Anthony Arnett dan Mauricio Novoa. Awalnya hanya sebagai kunjungan rutin, pertemuan ini berkembang menjadi kisah persahabatan dan sukses di dunia seni bela diri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gran Maestro Arnett, yang diundang sebagai instruktur khusus, tidak menyangka bahwa kunjungannya ke Melbourne akan memperkenalkannya pada sosok yang luar biasa.

Pada saat itu, Mauricio Novoa, dengan tekad di matanya, memasuki akademi bersama Gran Maestro Cheung. Bersama-sama dengan Gran Maestro Cheung, Arnett mendengarkan dengan seksama ketika Novoa berbagi kisahnya di dunia Wing Chun.

Sejak usia 17 tahun, Novoa telah tenggelam dalam disiplin ini, berlatih dengan berbagai instruktur, termasuk Sifu Joe Sayah yang merekomendasikannya untuk mendapatkan sertifikasi ulang di bawah bimbingan Anthony Arnett. Dengan sertifikat pengakuan sebagai manajer akun nomor satu di Australia menurut Sensis Yellow Pages, Novoa membuat kesan besar pada Gran Maestro Cheung.

Gran Maestro Cheung mengusulkan peluang saling menguntungkan: dia membutuhkan seseorang yang mempromosikan nama Arnett di antara mantan muridnya, dan sebagai imbalannya, menawarkan Arnett kesempatan untuk mengajar Novoa secara pribadi hingga kembalinya ke Amerika Serikat.

Baca Juga:   7 Medali Diraih Tellu Limpoe di Kejuaraan Taekwondo Poltek Cup 2023

Untuk mengamankan kesepakatan ini, Arnett akan memberikan Novoa sertifikat yang ditandatangani secara pribadi.

Begitulah dimulai kemitraan unik ini. Selama beberapa hari, Arnett mencurahkan waktu untuk mentransfer rahasia gaya seni bela dirinya kepada Novoa. Pengalaman ini sangat memuaskan, karena Novoa terbukti sebagai siswa yang rajin dan bersemangat untuk belajar setiap pelajaran.

Di antara mereka terjalin hubungan yang kokoh berdasarkan rasa hormat, kepercayaan, dan gairah bersama terhadap seni bela diri.

Namun, takdir menyimpan kejutan. Arnett kehilangan ponselnya, alat komunikasi penting saat itu. Untuk kejutan Arnett, Novoa menemaninya ke toko ponsel dan bersikeras untuk membelikan ponsel baru pilihan Arnett.

Kemurahan hati Novoa tak mengenal batas. Tidak hanya membeli ponsel, tapi juga memastikan Arnett memiliki kredit untuk menelepon istrinya di Amerika setiap malam. Gestur baik hati ini semakin memperkuat persahabatan mereka yang tumbuh.

Seiring berjalannya waktu dalam pelatihan, kemampuan Novoa sebagai seorang penjual semakin terlihat. Dengan panggilan telepon persuasif, dia berhasil meyakinkan lebih dari 25 siswa dari basis data Gran Maestro Cheung untuk mendaftar di akademinya. Hasilnya luar biasa.

Sebelum kepulangan Arnett, mereka mengadakan workshop besar yang menunjukkan efektivitas metode pelatihannya. Novoa telah membuktikan nilainya, dan Arnett merasa sangat bangga atas pencapaiannya.

Dahaga akan pengetahuan dan ambisi Novoa tidak memiliki batas. Dia tertarik pada turnamen seni bela diri di Amerika Serikat dan menyatakan keinginannya untuk melanjutkan pelatihannya di bawah bimbingan Arnett serta bersaing di tanah Amerika. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sertifikasi Cinturón de Oro Nivel 10 yang sangat dihormati, menjadikannya satu-satunya orang di Australia yang mendapat sertifikasi dari Arnett.

Baca Juga:   Bersama Sifu Ivan, Sifu Maurice Novoa Ungkap Visi Bangkitkan Wing Chun di Indonesia

Untuk membiayai mimpinya, Novoa membuat pengorbanan besar. Dia memutuskan untuk menunda pembelian mobil baru, menggunakan tabungannya sebesar $35.000 US untuk diinvestasikan dalam pelatihannya, ujian, dan tinggal selama empat bulan di Amerika Serikat.

Ketika Novoa tiba di akademi Arnett di Jacksonville, Florida, dedikasinya menjadi jelas. Dia terjun sepenuhnya ke dalam pelatihan kontak penuh dan berjuang dengan tekad bersama dua murid Arnett.

Mereka menuju turnamen Blitz All Stars di Orlando, di mana determinasi dan keterampilan yang baru diperoleh oleh Novoa diuji.

Meskipun meraih medali perunggu, dalam pertarungannya Novoa memamerkan teknik Wing Chun yang unik: Tan Sao diikuti oleh Lap Sao (mengambil tangan lawan dan memberikan pukulan), mengagetkan lawannya saat mencoba menyerang. Video gerakan luar biasa ini diabadikan oleh salah satu rekan studionya dan diunggah ke YouTube, disertai tutorial yang dibuat oleh Arnett sendiri.

Untuk kejutan semua orang, video ini mendapat popularitas besar. Dalam dua hari saja, video ini dinobatkan sebagai Video Pekan Wing Chun dan sebelum akhir bulan, telah mengumpulkan lebih dari 250.000 penonton.

Inovasi dan keterampilan Novoa telah menarik perhatian komunitas seni bela diri dengan menunjukkan aplikasi Lap Sao yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam turnamen gaya terbuka dan semi-kontak.

Usai berkompetisi di Orlando, Novoa mendapat ajakan sparring oleh Arnett. Kesempatan ini tak sia-siakan Novoa, untuk menerima tantangan terhormat itu .

Baca Juga:   Terungkap! Asal Mula Melbourne Shuffle, Perpaduan Seni Bela Diri dan Revolusi Tari

Karena pertarungan tersebut kontak penuh, maka keduanya mengenakan alat pelindung.

“Saya menendangnya hanya jelai di dada beberapa kali sebelum dia turun dan melakukan sidekick kepada saya yang membuat saya jatuh ke lantai,” kata Novoa kepada jurnalis.

“Saya mendapat dan berkata aku berharap kita bisa mendapatkan itu di video dan dia menjawab itu 2 untuk 1,” tambah Novoa mengingat masa itu.

Pada Maret 2013, Novoa kembali ke Melbourne dan mewujudkan mimpinya untuk membuka klub Wing Chun sendiri yang dinamai Melbourne Sport and Street Wing Chun Kung Fu. Pelatihannya di bawah bimbingan Arnett telah membuka jalan untuk kesuksesannya, dan murid-muridnya unjuk gigi dalam berbagai turnamen.

Kunjungan Novoa ke akademi Arnett terus berlanjut, bahkan dia memberikan tas latihan yang dirancang khusus sebagai hadiah yang telah bertahan lama, menjadi pengingat konstan akan ikatan mereka yang tidak terhancurkan.

Kisah Maurice Novoa adalah saksi kekuatan transformasi seni bela diri dan semangat yang tak terkalahkan dari seseorang yang berdedikasi.

Perjalanannya bersama Arnett adalah pengalaman pertumbuhan bersama, persahabatan, dan pencarian bersama akan keunggulan.

Saat merenungkan hari-hari itu, kita tidak bisa tidak merasa bersyukur atas peluang yang mereka bagikan dan dampak yang mereka miliki dalam hidup satu sama lain. Mauricio tetap menjadi sahabat yang menyenangkan, pengingat konstan bahwa ikatan yang terjalin melalui seni bela diri melampaui waktu dan jarak.

Berita Terkait

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun
Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024
Hantam Uruguay, Kolombia Kunci Tiket Final Copa America 2024
Dramatis Inggris Hancurkan Mimpi Belanda Melaju ke Final EURO 2024
Hasil Timnas Indonesia U16 vs Laos, Skor Sementara 4-1 di Babak Pertama
Jadwal Lengkap 16 Besar Hingga Final Euro 2024
Own Goal Italia, Spanyol Lolos 16 Besar Piala Euro 2024
Menang 2 Gol Loloskan Indonesia Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 13:41 WITA

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun

Senin, 15 Juli 2024 - 07:16 WITA

Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 10:19 WITA

Hantam Uruguay, Kolombia Kunci Tiket Final Copa America 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 08:55 WITA

Dramatis Inggris Hancurkan Mimpi Belanda Melaju ke Final EURO 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:31 WITA

Hasil Timnas Indonesia U16 vs Laos, Skor Sementara 4-1 di Babak Pertama

Berita Terbaru

Sepakbola

Juara Copa America 2024, Argentina Hattrick Trofi Beruntun

Senin, 15 Jul 2024 - 13:41 WITA

Sepakbola

Inggris Gagal Lagi, Spanyol Angkat Tropy Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 07:16 WITA