Bunda PAUD Sidrap Teken Kesepakatan Berantas Buta Aksara

oleh

BERITASIDRAP.COM, MAKASSAR – Puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) tingkat nasional ke-54 diselenggarakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/9/2019).

Acara dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, mengusung tema “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”.

Muhadjir dalam sambutannya mengajak setiap pihak untuk menjaga keragaman. ”Keragaman adalah aset bangsa yang harus dipelihara untuk pengembangan literasi,” katanya.

Dalam acara itu dilakukan penandatanganan kesepakatan gerakan memberantas buta aksara antara Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F Nurdin, dengan seluruh Bunda PAUD kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Penandatanganan disaksikan Gubernur Sulsel, H M Nurdin Abdullah dan Bupati Sidrap, H Dollah Mando yang turut hadir di acara tersebut.

“Penandatangan ini sebagai wujud komitmen meningkatkan peran keluarga dalam memberantas buta aksara,”terang Bunda PAUD Sidrap, Hj Mulyani Dollah usai penandatangan.

Untuk diketahui, melalui peringatan HAI, Kemendikbud menyosialisasikan kebijakan dan program percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia melalui program Gerakan Literasi Nasional.

Rangkaian kegiatan HAI ke-54 sendiri terdiri dari Festival Literasi Indonesia, pameran produk unggulan PAUD dan Dikmas, temu evaluasi pelaksanaan program pendidikan keaksaraan dan Kesetaraan.