Ultah Sutradara Sergei Eisenstein ke-120 Dirayakan Doodle Google

oleh

Hari ulang tahun (ultah) sutradara fenomenal asal Rusia, Sergei Eisenstein dirayakan Google Seni 22 Januari 2018. Pada hari ini Google memberikan dedikasi berupa doodle untuk sutradara yang terkenal dengan julukan the father of montage itu.

Sergei Eisenstein adalah salah satu sutradara film-film propaganda di Rusia. Dia adalah sosok yang membuat teknik montase pada film garapannya. Teknik montase salah satu cara mengedit potongan film tematik yang terpisah. Kemudian disatuja ke dalam rangkaian yang tertata rapi.

Sehingga bagian dari gambar-gambar yang gerak dapat disusun dengan hati-hati oleh sutradara, editor film, dan teknisi visual dan suara. Teknik montase pada video menghasilkan suatu kesan atau untuk mengilustrasikan suatu gagasan.

Contohnya telah dibuat dalam film Strike (1924) yang dikerjakan Sergei Eisenstein. Pada umumnya teknik montase terdiri dari narasi, grafis, dan ideational. Teknik montase ala Sergei Eisenstein menghasilkan kesan dramatis. Sergei Eisenstein menggunakan teknik ini untuk karyanya yang tak sedikit bertujuan sebagai film propaganda.

Pemilik nama lengkap Sergei Mikhailovich Eisenstein lahir 23 Januari 1898 dan tutup usia pada 11 Februari 1948. Dia terkenal dengan film Strike, Kapal Perang Potemkin dan October, dan juga Alexander Nevsky dan Ivan the Terrible.