Rombongan Studi Banding Jeneponto: Terima Kasih Sidrap!

oleh

SIDRAP – Selama tiga hari, 26 sampai 28 Agustus 2019, sekitar 30 orang dari Kabupaten Jeneponto melakukan studi banding di Kabupaten Sidrap.

Mereka terdiri unsur Dinas Pertanian, pengurus KTNA, Gapoktan dan kelompok tani, serta penyuluh pertanian Kabupaten Jeneponto.

Berada di Sidrap, rombongan mengunjungi beberapa titik di antaranya penggilingan beras, pertanaman padi, Gapoktan berprestasi, peternakan ayam, kelompok tani dan wanita tani.

Mereka juga menghadiri panen raya yang dipimpin Wabup Sidrap, H Mahmud Yusuf pada demplot nonsubsidi di Desa Timoreng Panua, Kecamatan Panca Rijang, Selasa (27/8/2019).

Dalam kunjungannya, rombongan didampingi Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKPP) Kabupaten Sidrap, H Azis Damis beserta jajarannya.

Ani, salah seorang penyuluh yang ikut dalam rombongan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sidrap.

“Terima kasih Sidrap. Luar biasa penerimaan dan pelayanan buat Kami. Senang sekali diterima langsung Pak Bupati H Dollah Mando dan istri di rumah jabatannya, terus diajak ramai-ramai keluar makan malam,” katanya saat dihubungi Rabu (28/8/2019), saat akan bertolak pulang ke Jeneponto.

Mewakili rekan-rekannya, Ani mengaku mendapat banyak ilmu dari Sidrap untuk dibawa pulang ke Jeneponto. “Dari kunjungan ini, banyak pengalaman dan acuan yang bisa diterapkan di daerah Kami. Salah satunya, pemanfaatan pekarangan oleh kelompok wanita tani,” sebutnya.

Bupati Sidrap, H Dollah Mando sendiri menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan dari Jeneponto.

“Sebuah kebanggan Kabupaten Sidrap menjadi lokasi studi banding. Kami juga senang dapat berdiskusi, bertukar informasi soal pertanian dengan Bapak dan Ibu dari Jeneponto,” kata Dollah, Senin malam (26/8/2019).