Viral di FB, Negara Indonesia Hilang dari Satelit

oleh

JAKARTA – Siapa tidak kaget mendengar kabar bahwa negara Indonesia dinyatakan hilang dari satelit. Ya, begitulah info yang sekilas lalu lalang di news feed Facebook, Minggu 11 Agustus 2019.

Setelah ditelusuri, info heboh itu hanya hoax. Kabar ini sebenarnya hanya bertujuan untuk menghibur warganet di sosial media FB.

Tetapi kabar ini tetap membuat panik beberapa pengguna FB. Seperti yang banyak beredar di grup FB atau Whatsapp.

“Waduh kenapa bisa begini. Apa ini tanda tanda kiamat,” tulis Arinda di Grup Info Palu. Warganet lain menjelaskan bahwa foto yang diunggah di FB pada posisi terbalik.

“Aduh kok panik amat mba. Gambarnya cuma terbalik jadi pulau tidak kentara,” jelas Rahmadi. Berikut isi info yang beredar tersebut.

HEBOH! NEGARA INDONESIA DINYATAKAN HILANG DARI SATELIT
Tepat pada hari minggu, tanggal 11 Agustus 2019 jam 14.00 WIB, Negara Indonesia dinyatakan “HILANG” dari pantauan satelit internasional dan satelit lokal.

Pihak NASA dan peneliti luar angkasa tidak dapat menemukan penyebab pasti atas kejadian ini. Namun pada jam 17.00 WIB, secara mengejutkan seluruh kepulauan yang ada di teritori Negara Indonesia mulai nampak satu per satu, dan akhirnya tampak seluruhnya dengan utuh dan jelas seperti sedia kala.

Dari hasil penyelidikan Badan Intelejen Amerika yang bekerjasama dengan pihak NASA, ditemukan fakta bahwa hilangnya kepulauan Indonesia pada hari ini tersebut adalah disebabkan oleh gumpalan asap misterius yang menutupi pantauan satelit mereka.

Dan setelah diselidiki lebih lanjut, akhirnya diketahui bahwa gumpalan asap tersebut berasal dari bakaran sate milik warga yang sedang membakar daging qurban di segenap pelosok desa dan kota di Indonesia.