FB Akan Tendang Tautan Web Berita ‘Abal-abal’

oleh

Akhirnya situs sosial media Facebook (FB) mengambil tindakan terkait maraknya tautan website berita yang tak terpercaya. Bahkan dalam waktu dekat, pihak FB akan menyaring website yang tidak terpercaya melalui
survei.

Pada keterangannya, Facebook Inc akan memprioritaskan berita-berita “terpercaya” dalam umpan sosial medianya berdasarkan survei anggota. Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi saluran-saluran berita berkualitas tinggi. Langkah FB ini juga sebagai salah satu cara mereka melawan sensasionalisme dan keterangan yang salah.

BACA JUGA:  Cepat Tanggap, Warganet Jempol FB Polres Sidrap

Tindakan itu sepertinya akan membawa goncangan di seluruh lansekap media di hampir semua negara. Mengingat jaringan media sosial terbesar di dunia itu ada di mana-mana dan punya peran sentral dalam distribusi berita di beberapa bagian. Pemimpin Eksekutif Mark Zuckerberg mengharapkan pengumuman perubahan terkini akan menyusutkan jumlah berita di Facebook sebesar 20 persen.

BACA JUGA:  Viral di FB, Negara Indonesia Hilang dari Satelit

Mulai pekan depan produk perusahaan News Feed akan memprioritaskan “berita-berita berkualitas tinggi” dibanding berita-berita yang sumbernya kurang terpercaya. “Ada terlalu banyak sensasionalisme, kesalahan informasi dan polarisasi di dunia saat ini,” tulis Zuckerberg.