Garuda Hapus Video IG Terkait Ritual Pecah Kendi dan Ucapan Jokowi

oleh

JAKARTA, Beritasidrap.com – Setelah ramai menjadi bahan perbincangan, video yang menampilkan prosesi ritual pecah kendi saat pelepasan jamaah haji dihapus. Video tersebut diunggah akun resmi PT Garuda Indonesia di halaman Instagram atau IG.

Selain gambar ritual pecah kendi, video itu juga menjadi sorotan lantaran menampilkan potongan gambar tulisan ucapan terima kasih Presiden Joko Widodo di badan pesawat Garuda.

Warganet menyoroti video itu sesaat setelah video diunggah. Sebagian besar menyesalkan dan prihatin. “Menjalankan rukun Islam awalnya kok begitu,” protes Hamka, netizen di IG. Meski sudah dihapus, video masih bertebaran setelah diunggah ulang warganet.

BACA JUGA:  Ini Jadwal Lengkap Presiden Jokowi di Kota Parepare, Sidrap dan Wajo

Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk mengaku telah menghapus tulisan ucapan Joko Widodo di badan pesawat. Hal itu dikatakan Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk. M Ikhsan Rosan.

Menurutnya ucapan terima kasih di badan pesawat dibuat untuk kepentingan hari pelepasan saja. “Setelah itu badan pesawat dibersihkan kembali,” katanya, Senin (8/7/2019).

BACA JUGA:  Gaya Baru Jokowi, Bagi-bagi Hadiah Istana Saat Iring-iringan

Dia menyebut tulisan itu hanya sebagai apresiasi dari petugas dan para jemaah calon haji kepada Presiden yang akan meresmikan pelepasan jemaah dari Solo ke Tanah Suci. Namun presiden batal melepas jemaah calon haji kloter 1 Solo.

Sebelumnya akun Instagram @garuda.indonesia mengunggah video pemberangkatan jemaah haji pertama kalinya di musim haji tahun 2019 atau 1440 H oleh Garuda Indonesia pada Ahad, 7 Juli 2019. “Terdapat 5 titik keberangkatan dari 5 embarkasi di hari ini, yaitu Jakarta, Solo, Padang, Makassar, dan Lombok,” seperti dikutip dari akun Garuda Indonesia.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Mampir Shalat Magrib di Masjid Raya Tanrutedong

Dalam caption-nya, akun tersebut menyebutkan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara melepas keberangkatan pertama dari Bandara Adi Soemarmo Solo. “Penerbangan fase keberangkatan akan terus berlangsung hingga 5 Agustus nanti dan Garuda Indonesia Group berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para jemaah hingga kepulangan ke Tanah Air. Semoga seluruh jemaah senantiasa selamat dalam perjalanan dan mendapatkan ibadah yang sempurna.”