Setelah Pingsan di Persidangan, Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi Wafat

oleh

MESIR – Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi dikabarkan telah tutup usia, Senin (17/6) waktu setempat. Mursi dilaporkan meninggal dunia sesaat setelah pingsan pada persidangan di hari yang sama.

Mursi sempat dilarikan ke rumah sakit Kairo. Namun nyawanya tak dapat ditolong. Pada peraidangan, Mursi sempat berbicara sekira 20 menit lalu pingsan.

“Dia terlihat semangat berbicara dan pingsan. Sehingga dibawa ke rumah sakit ” kata sumber dilansir AFP, Senin (17/6).

Mursi adalah presiden ke-5 Mesir. Politisi kelahiran 20 Agustus 1951 ini menjabat sebagai presiden sejak 30 Juni 2012 hingga 3 Juli 2013.

Masa jabatan Mursi terhenti setelah kudeta militer oleh Abdul Fattah as-Sisi. Kala itu Mesir dikepung demonstrasi yang menuntut Mursi mundur dari jabatannya.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden, Pemerintah Junta Militer Mesir menangkap Mursi. Dia kemudian diadili atas beberapa tuduhan. Mulai dari dianggap bertanggung jawab atas kematian demonstran selama masanya menjabat hingga dituduh menjadi mata-mata untuk Qatar.

Atas kematian demonstran Mursi dihukum 20 tahun penjara, sedangkan atas tuduhan melakukan spionase dia dihukum penjara seumur hidup.