[Hoaks] Diam-diam China Airlines Melayani Rute Jakarta – Makassar

oleh

MAKASSAR – Publik heboh dengan penerbangan domestik yang melibatkan maskapai asing, China Airlines. Info itu beredar di sosial media Facebook dan Twitter.

Pada sebuah akun menulis status bahwa maskapai China Airlines sudah membuka rute penerbangan di Indonesia.

Menurut status itu, pesawat China telah diam-diam melayani penerbangan Jakarta-Makassar. “Diam-diam China Airlines sudah melayani Jakarta-Makassar mulai kemarin Rabu 12 juni 2019. Hasil kerja,,kerja. Saya Indonesia, saya pancasila, nkri harga mati
hasilnya >>> Indochina . Garuda, lion dan Indonesian plane lainnya dihajar oleh tuannya sendiri,” isi status seorang warganet yang viral.

Isu ditanggapi warganet akibat usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya maskapai asing bisa ikut menggarap domestik untuk menurunkan harga tiket. Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membantah.

Bahkan dengan tegas mengatakan penerbangan China Airlines dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar disebut tidak benar.

Dia menyebut sebagai penerbangan codeshare. Jelas Dia, sebagai bentuk kerja sama antar maskapai untuk berbagi rute penerbangan. Pada kasus ini, China Airlines menggarap rute dari China ke Bandara Soetta lalu diteruskan Garuda Indonesia ke Bandara Maksassar.

“Tidak benar Itu (hoax), yang ada codeshare jadi domestik masih pakai maskapai lokal (Garuda),” kata dia.