Kemensos RI Siapkan Bantuan untuk Korban Banjir Sidrap

oleh

JAKARTA – Kabar baik datang dari ibukota RI, Jakarta. Kementerian Sosial Republik Indonesia saat ini tengah membahas bantuan untuk korban banjir di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Hal itu diungkap Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita Senin 10 Juni 2019. Menurutnya Kemensos saat ini melakukan asesmen (pengukuran) terkait kebutuhan korban banjir.

“Termasuk Sidrap masih dalam asesmen. Di Samarinda sudah kami siapkan,” kata Agus kepada wartawan setelah Halal Bihalal di Kementerian Sosial, Senin (10/6). Kementerian Sosial akan langsung memberikan bantuan bagi para pengungsi dan korban terdampak banjir.

“Intinya setelah Asesmen dilakukan akan kami siapkan bantuan sesuai kebutuhan sesuai proporsi kebutuhan di lokasi tersebut,” ujar Agus. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelasdkan, banjir di Sidrap memiliki dampak yang cukup parah.

“Banjir berdampak pada 1.452 KK, Kelurahan Tanru Tedong 1.002 KK dan Desa Salobukkang 450 KK. Sejumlah 200 unit rumah terendam. Total lahan sawah rusak di 15 desa mencapai 3.676 ha. Kerusakan infrastruktur mencakup bangunan sekolah, tanggul, jalan dan jembatan.” ujar Sutopo melalui keterangan tertulis, Senin (10/6).

Hingga hari keempat, banjir masih melanda sebagian wilayah Sidrap. Daerah yang sudah surut seperti Kecamatan Duapitue, Pitu Riase dan Pitu Riawa. Terbaru banjir merendam desa Teteaji di Kecamatan Tellu Limpoe dan Desa Wette’e Kecamatan Panca Lautang. Banjir ini berasal dari luapan Danau Sidenreng.