kepala BPS Sidrap: Sidrap Masuk Kelompok IPM Kategori Tinggi

oleh

SIDRAP-Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sidrap Tahun 2018 berhasil masuk Kelompok Kategori Tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baru 8 kabupaten/kota di Propinsi Sulawesi Selatan yang masuk “kelompok elit” itu, yakni Kota Makassar, Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur, Enrekang, Pinrang, Sidrap dan Barru.

“Sumber data IPM BPS 2019 menunjukkan, IPM Kabupaten Sidrap tahun 2018 yaitu 70,60. Sehingga masuk kelompok IPM tinggi karna di atas 70,” terang Kepala BPS Sidrap, Misbahuddin, Senin (10/6/2019) via aplikasi pesan instan WhatsApp.

Data yang dikirim Misbahuddin menunjukkan, IPM Sidrap tahun 2018 berada di atas 70 setelah mengalami pertumbuhan 1,1 persen dari capaian tahun sebelumnya, yakni 69,84.

“Capaian ini merupakan wujud pembangunan manusia yang baik melalui dimensi kesehatan, pendidikan dan pengeluaran,” ujar Misbahuddin.

Lebih jauh Ia memaparkan, untuk mengukur dimensi kesehatan digunakan angka harapan hidup waktu lahir.

Sementara dimensi pengetahuan, lanjut Misbahuddin, diukur menggunakan gabungan indikator rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

“Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok makanan dan bukan makanan, yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak,” jelasnya.