Malam Lebaran, Polres Sidrap Razia Petasan

oleh

PANGKAJENE – Polres Sidrap menyita sejumlah petasan (mercon) berbagai jenis saat melakukan razia di Jalan Andi Mappanyukki Kelurahan Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Senin malam (3/5/2019). Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono mengatakan, menjelang malam takbiran hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, pihaknya menggelar razia untuk penertiban para penjual petasan karena dinilai meresahkan kenyamanan dan ketertiban masyarakat. Apalagi, kata dia, kebanyakan pembeli petasan adalah anak-anak sehingga berpotensi menimbulkan bahaya bagi mereka.

BACA JUGA:  Besaran Jumlah Zakat Fitrah 2019 dan 8 Golongan Penerima

“Hasil dari razia itu kita amankan sejumlah petasan atau mercon serta kembang api berbagai jenis. Petasan itu dapat yang menimbulkan bahaya kebakaran,” kata Budi Wahyono saat dikonfirmasi.

BACA JUGA:  Hasil Sidang Isbat, Hilal Terlihat Lebaran Idul Fitri 2018 Serentak Besok

Pihak Polres Sidrap juga akan terus bergerak melakukan razia terhadap petasan hingga malam takbiran. Menurut Kapolres, langkah ini dilakukan guna memberi rasa aman dan nyaman kepada warga yang akan melaksanakan malam takbiran jelang Idul Fitri 1440 H.

“Dan warga yang berjualan petasan itu tidak memiliki izin, maka kita tertibkan. Apabila kedapatan lagi, tindakannya adalah akan diberikan sanksi administratif,” ujar Kapolres

BACA JUGA:  Hasil Sidang Isbat Pemerintah, 1 Syawal Jatuh Rabu 5 Juni 2019

Budi mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga situasi yang kondusif saat pelaksanaan malam takbiran. Jangan sampai dengan membakar petasan justru dapat menimbulkan kegaduhan maupun kericuhan.