Besaran Jumlah Zakat Fitrah 2019 dan 8 Golongan Penerima

oleh

JAKARTA – Besaran jumlah zakat Fitrah 2019 sebenarnya berbeda setiap orang atau keluarga. Zakat Fitrah yang wajib dikeluarkan setiap muslim sebesar satu sha’ atau sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya.

Tergantung makanan pokok konsumsi per orang sehari-hari. Di Indonesia sendiri mayoritas muslim pada keseharian mengonsumsi beras. Sehingga wajib mengeluarkan zakat sebesar 3,5 liter. Beberapa Badan Amil Zakat menyarankan mengeluarkan 4 liter dengan kadar nilai uang antara Rp25 ribu hingga Rp40 ribu.

Zakat Fitrah yang dikeluarkan wajib kepada 8 golongan orang yang berhak menerima. Pertama dan kedua adalah kelompok fakir dan miskin warga muslim yang harus diutamakan dalam penerimaan zakat. Zakat Fitrah bagi fakir miskin bertujuan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari dan membantu dalam berwirausaha.

Golongan ketiga adalah Riqab atau secara bahasa berarti memerdekan budak menjadi salah satu sasaran penerima zakat yang berhak menurut Al Quran. Golongan ini banyak di zaman Nabi Muhammad SAW.

Lalu golongan Gharim atau Gharimin yang disebut sebagai orang yang terlilit hutang. Ghârim limaslahati nafsihi (Terlilit hutang demi kemaslahatan atau kebutuhan dirinya). Sedangkan Ghârim li ishlâhi dzatil bain ( Terlilit hutang karena mendamaikan manusia, qabilah atau suku).

Golongan mualaf juga termasuk orang yang berhak menerima zakat untuk mendukung penguatan iman dan takwa mereka dalam memeluk agama Islam. Selanjutnya golongan Fisabilillah atau seseorang atau sebuah lembaga yang memiliki kegiatan utama berjuang di jalan Allah dalam rangka menegakkan agama Islam.

Golongan ketujuh adalah Ibnu Sabil, yakni seseorang yang berada dalam perjalanan dan kehabisan bekal itu merupakan arti dari ibnu sabil. Lalu golongan kedelapan adalah amil atau kelompok terakhir yang berhak menerima zakat apabila 7 kelompok lainnya sudah mendapatkan zakat.