Muhammadiyah: Idul Fitri 1440 H Jatuh 5 Juni 2019, Pemerintah Kapan?

oleh

JAKARTA – Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H segera datang. PP Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

Sementara pengumuman pemerintah terkait kapan Idul Fitri baru dipaparkan usai sidang isbat, Senin 3 Juni 2019 di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin Nomor 6, Jakarta Pusat. Masyarakat berharap umat muslim di Indonesia dapat melaksanakan lebaran bersamaan.

BACA JUGA:  Catat, Niat dan Tata Cara Shalat Idul Fitri Beserta Amalan Sunnah

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1 syawal 1440 Hijriyah berdasar pada hisab hakiki yang sudah dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Majelis Tajdid PP Muhammadiyah. “Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui majelis tarjih dan tajdid telah menetapkan bahwa 1 syawal 1440 hijriyah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro No 23 Yogyakarta, Kamis (30/5/2019).

BACA JUGA:  Mudik Ceria Hiasi Doodle Google

Sementara itu Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Agus Salim menjelaskan, rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal menurut data hisab oleh pakar astronomi. Lalu Sidang Itsbat secara tertutup yang dipimpin oleh Menteri Agama usai Magrib.

BACA JUGA:  Jamuan Sederhana, Open House Dollah Mando Dibanjiri Warga Sidrap

Direktur Urais dan Binsyar selanjutnya melaporkan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) dari 105 titik lokasi di seluruh Indonesia. “Menteri Agama lalu menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang isbat,” kata Agus.