[Disinformasi] Buka Puasa Berjamaah di Kota Hanover Jerman

oleh

JAKARTA – Sebuah foto bertajuk buka puasa berjamaah di Kota Hanover, Jerman sedang viral Selasa 28 Mei 2019. Acara buka puasa yang beredar itu menyebut yang terbesar di dunia.

Pada unggahan foto akun Facebook bernama Rossem menulis caption seperti ini. “Benar kata orang : Eropah kini sedang mengendung bayi Islam. Buka puasa berjamaah terbesar di dunia bukan terjadi di Malaysia atau di negara majoriti umat Islam, sebaliknya berlaku di Eropah, Kota Hanover, Jerman. Diadakan di sebatang jalan raya sepanjang 10.2 km, dengan jumlah meja 10,200, dihadiri 42,100 orang. Subhanallah.”.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Beritasidrap.com, foto tersebut pernah dimuat situs worldbulletin.net dengan judul “Turkey holds longest-most crowded iftar table” pada 22 Agustus 2010. Situs tersebut menulis bahwa sedikitnya 41 ribu orang berkumpul di sebuah acara buka puasa yang diselenggarakan di kota Esenler, Istanbul.

Sebanyak 7.020 meja berjejer sepanjang 10 kilometer. Sebenarnya foto ini juga sempat beredar dan viral pada bulan Ramadan 2018.

Sumber:
https://www.worldbulletin.net/m/art-culture/turkey-holds-longest-most-crowded-iftar-table-photo-h62832.html