Apa Itu Referendum, Sedang Disuarakan Politisi Aceh?

oleh

JAKARTA – Saat ini sedang trending isu referendum di Aceh. Lalu apa arti referendum yang dimaksud, seperti sedang disuarakan petinggi partai di daerah tersebut.

Referendum berasal dari bahasa Latin yang berarti jajak pendapat. Merupakan suatu proses pemungutan suara semesta untuk mengambil sebuah keputusan, terutama keputusan politik yang memengaruhi suatu negara secara keseluruhan, misalnya seperti adopsi atau amendemen konstitusi atau undang-undang baru, atau perubahan wilayah suatu negara.

BACA JUGA:  Mualem: Aceh Lebih Baik Referendum, Ikut Jejak Timor Leste

Pernyataan referendum untuk Aceh itu mengikuti langkah Timor Timur. Artinya terkait dengan referendum kemerdekaan diadakan di Timor Timur pada 30 Agustus 1999.

Asal usul referendum bersamaan dengan permintaan yang dibuat oleh Presiden Indonesia, B.J. Habibie ke Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan pada 27 Januari 1999. PBB mengadakan referendum, di mana provinsi di Indonesia akan diberikan pilihan lebih besar otonomi dalam Indonesia atau merdeka.

BACA JUGA:  Mualem: Aceh Lebih Baik Referendum, Ikut Jejak Timor Leste

Pada sebuah referendum, masyarakat yang memiliki hak pilih dimintai pendapatnya. Hasil referendum bisa dianggap mengikat atau tidak mengikat. Sebuah referendum dianggap mengikat apabila pemerintah harus mengikuti seluruh jawaban rakyat yang ada dalam hasil referendum. Apabila referendum tidak mengikat, berarti referendum itu hanya digunakan sebagai fungsi penasihat saja, di mana hasil yang ada tidak harus diikuti, namun menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan selanjutnya.