Spanduk Viral “Tusuk Ka Kalau Mauki Enak” Ternyata Hoax

oleh
Slogan "Tusukka Kalau Mauki Enak" ternyata Hoax

PINRANG – Spanduk seorang calon anggota legislator Kabupaten Pinrang, Sulsel, bertuliskan “Tusuk Ka Kalau mauki Enak” sedang viral, Minggu 21 Oktober 2018. Ternyata, poster yang banyak beredar di akun Facebook dan Whatssapp itu adalah hoax (hoaks) yang disebar orang tak bertanggung jawab.

Meme poster “Tusuk Ka Kalau Mauki Enak” awalnya disebut kreatif oleh sejumlah kalangan. Namun, belakangan beberapa kelompok perempuan mengecam meme yang berkonotasi negatif itu.

“Iya kreatif memang namun kalau sepintas kampanye ini tidak mendidik,” tulis Trisna, di akun Facebook Senin 22 Oktober 2018. Setelah ditelusuri, spanduk caleg DPRD Pinrang bernama Ainun Baharuddin itu ternyata hasil editan. Gambar aslmenurut Ainun tidak memiliki tulisan slogan “Tusuk Ka Kalau Mauki Enak”.

Bahkan, Ainun Baharuddin telah meminta maaf atas tersebarnya meme itu. Dia pun membantah spanduk dengan tulisan “Tusuk Ka Kalau Mauki Enak” miliknya.

“Pastinya saya tidak pernah buat slogan dengan tulisan seperti itu. Mungkin kreativitas calon pemilih saya,” kata perempuan berparas cantik itu.