Terus Bertambah, Kasus Positif Mpox di Jakarta Capai 30 Orang

Monkeypox virus, Ilustrasi

Jakarta, Beritasidrap.com – Kasus positif cacar monyet atau monkeypox (mpox) terus bertambah di DKI Jakarta.

Data terbaru Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, jumlah pasien yang terjangkit Mpox telah mencapai 30 orang.

“Update Mpox Domisili DKI Jakarta per 7 November 2023 jam 19.00 WIB, kasus positif total 30 orang,” ujar Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama, Rabu (8/11/2023) dikutip dari pmjnews.com.

Dari 30 kasus yang dilaporkan, Ngabila mengatakan sebanyak 29 merupakan kasus aktif dengan positivity rate atau proporsi orang positif dari keseluruhan kasus dites mencapai 25 persen.

Untuk diketahui, positivity rate adalah perbandingan antara jumlah kasus positif dengan jumlah tes yang dilakukan. Seluruh kasus dilaporkan tertular melalui kontak seksual.

Advertisement

“Kasus positif aktif 29 orang, positivity rate PCR 25 persen, semua bergejala ringan, semua tertular dari kontak seksual, semua laki-laki usia 25-50 tahun,” tuturnya.

Selain itu, Ngabila juga menjelaskan saat ini ada tujuh orang berstatus sebagai suspek atau terduga kasus cacar monyet. Sementara 92 orang yang sebelumnya menjadi suspek hasil PCR telah dinyatakan negatif.

Pada kesempatan yang sama, Ngabila mengungkapkan Dinkes DKI telah memulai vaksinasi cacar monyet terhadap kelompok rentan. Saat ini capaian vaksin sebanyak 495 orang telah tercapai.

“Total Penerima Vaksinasi 495 orang dari target 495 orang,” tukasnya. ***