Selamat Ultah, Google Genap Dua Dekade

oleh
Ulang Tahun Google ke-20

JAKARTA – Google merayakan ulang tahun ke-20 hari ini, Kamis 27 September 2018. Sebenarnya kelahiran Google itu dimulai dari proyek oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996.

Kala itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub. Mesin ini dioperasikan menggunakan server di kampus mereka. Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol.

“Googol” merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek.

Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya “mentok” menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka. Google pun mengklaim bahwa 27 September 1998 merupakan hari kelahirannya. Sejak itu Google terus berinovasi dan banyak berubah di tahun-tahun berikutnya.

Termasuk sekarang menawarkan Pencarian di lebih dari 150 bahasa dan lebih dari 190 negara. Google masih didedikasikan untuk membangun produk untuk semua orang. Halaman utama Google seluruh dunia hari ini menghadirkan Video Doodle. Video ini berisi perjalanan Google menjelajahi penelusuran populer di seluruh dunia selama dua dekade terakhir. Selamat Ultah Google, Oke Google – Google Oke!