Presiden Jokowi Segera Umumkan Pengganti Din Syamsuddin

oleh
Presiden Jokowi by Twitter

JAKARTA – Presiden Jokowi segera mengumumkan pengganti Din Syamsuddin sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama serta Peradaban. Din belum lama ini dikabarkan telah mengundurkan diri dari jabatannya karena ingin menjaga netralitas di Pilpres 2019.

Menurut Jokowi, calon pengganti Din sudah dia siapkan. Tinggal, kata Jokowi, diputuskan. “Sudah banyak (calon pengganti Din Syamsuddin), tinggal saya putuskan, tapi belum,” ujar Jokowi usai membagikan 10.000 sertipikat tanah untuk warga Kabupaten Tangerang Selatan dan Kota Tangerang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Rabu (26/9/2018).

Jokowi membocorkan, pengumuman pengganti Din paling lama besok, Kamis,27 September 2018. Jokowi mengaku telah menerima surat pengunduran diri Din pada hari Selasa, tamggal 25 September 2018.

Din Syamsuddin menemui langsung Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, 25 September 2018. “Saya sampaikan alasan ini semata-mata untuk kebaikan, kemashalatan terutama penunaian tugas dan kegiatan saya selama ini di luar utusan khusus yang banyak terlibat sebagai pemimpin dari organisasi atau gerakan yang bersifat lintas,” kata Din.