Iran Attack, 29 Orang Tewas Diserang saat Parade Militer

oleh
The aftermath of the attack at a military parade in Ahvaz, Iran, on Saturday that left dozens dead.CreditCreditMorteza Jaberian/Agence France-Presse — Getty Images

Teheran – Iran attack, menjadi trending topic dunia. Serangan mematikan itu terjadi saat milter sedang melakukan parade di kota Ahvaz, provinsi Khuzestan, provinsi yang berbatasan dengan Irak.

Parade militerdigelar untuk menandai peringatan dimulainya perang dengan Irak. Parade militer ini digelar di banyak kota di Iran.

Sedikitnya 29 orang dilaporkan menjadi korban tewas. Mereka terdiri dari masyarakat hingga anggota militer. “Para teroris menembak dari jarak jauh, saat itu warga sipil yang sedang menonton parade tersebut terkena tembak,” ujar juru bicara Iranian Armed Forces, Brigadier-General Abolfazl Shekarchi, kepada kantor berita Iran, IRNA, Minggu (23/9/2018).

Kabar terbaru, tiga terduga pelaku ditembak mati oleh petugas keamanan Iran. Satu orang berhasil ditangkap hidup-hidup. Gubernur Khuzestan, Gholam-Reza Shariati mengatakan penyerangan tersebut dilakukan oleh kelompok sparatis Patriotic Arab Democratic Movement.

“Para teroris menyamar sebagai pasukan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dan sukarelawan untuk menembaki pihak berwenang dan orang-orang dari belakang stan selama pawai,” kata Gubernur Khuzestan, Gholam-Reza Shariati.

Media pemerintah Iran mengatakan para militan dianggap berada di balik serangan itu. Penembakan itu berlangsung selama sekitar 10 menit, namun pasukan keamanan telah berhasil mengendalikan situasi.