Viral, Karyawan BPJS dapat Dana Tunai Rp21 Juta

oleh

JAKARTA, Beritasidrap.com – Siapa yang tak bersyukur mendapat dana segar sebesar Rp21 juta. Info itu beredar dan viral di sosial media, khususnya bagi karyawan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Setelah dicek, ternyata info viral bpjs itu hanya hoax. Bahkan diduga merupakan aksi pencobaan penipuan terhadap peserta BPJS.

Info itu beredar pada pegawai BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Oknum tak bertanggung jawab membagikan info tersebut melalui pesan berantai atau broadcast.

Mereka menulis info demgan menjanjikan uang bagi karyawan Rp 21 juta untuk karyawan dengan masa kerja tahun 1990-2018. “Hoax itu, berita bohong,” ujar Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja, Selasa (28/8/2018).

Berikut klarifikasi lengkap BPJS Kesehatan, Selasa (28/8/2018):
1. Informasi di website atau blog yang menyebutkan bahwa ada dana bantuan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp 21 juta adalah TIDAK BENAR dan mempunyai potensi tindakan penipuan.

2. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan informasi HOAX tersebut dan segera melapor kepada pihak yang berwenan apabila menemukan kejadian serupa agar kasus ini segera ditangani, sehingga tidak memakan banyak korban.

3. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap modus-modus penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Demikian pernyataan resmi dari BPJS Kesehatan.

Apabila diperhatikan, kasus yang memakai nama BPJS tersebut adalah kasus phishing . Umumnya, taktik phishing menyajikan informasi clickbait. Orang yang mengklik tautan itu dapat berpotensi terkena malware.

Pancingan clickbait kasus penipuan internet itu beraneka ragam. Beberapa diantaranya tampil seperti ajakan kencan, atau iming-iming tips cara mendapat kekayaan dengan mudah.

Sebagai informasi, jangan sampai mengklik sebuah situs tidak resmi, kemudian memasukan data-data sensitif seperti nomor kartu kredit atau akun media sosial, karena berpotensi disalahgunakan si penipu.