Gempa 7.0 SR Kembali Guncang Lombok, Prediksi yang Beredar Benar?

oleh
Dokumentasi gempa lombok.

NTB – Gempa bumi dengan magnitudo 7.0 Skala Richter (SR) kembali mengguncang pulau lombok, NTB, Minggu malam 19 Agustus 2018 pukul 21:56:27 WIB. Menurut BMKG, gempa tersebut berpusat di 30 km timur laut Lombok Timut, NTB.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun, sejumlah warga di pulau Bali, Jawa dan Sulawesi turut merasakan gempa tersebut. “Makassar bergoyang, ada gempa kah ini,” tulis Nursiah di Akun Twitter. Belum diketahui dampak gempa tersebut.

BACA JUGA:  Siaran Pers BNPB, 91 Korban Tewas Akibat Gempa 7 SR di NTB

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyesalkan terus beredarnya berita palsu (hoaks) seputar gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Jakarta, Sabtu (18/8) belum ada satupun teknologi yang mampu memprediksi gempabumi secara pasti dan akurat mengenai kapan dan berapa kekuatannya.

BACA JUGA:  Siaran Pers BNPB, 91 Korban Tewas Akibat Gempa 7 SR di NTB

Sehingga, kata dia, jika beredar informasi yang berisi ramalan dan prediksi yang menyebutkan kapan dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi maka dapat dipastikan itu adalah kabar bohong.

BACA JUGA:  Siaran Pers BNPB, 91 Korban Tewas Akibat Gempa 7 SR di NTB

“Informasi ini disebarluaskan oleh pihak yang mengatasnamakan organisasi Earthquakes & Weather,” tuturnya dalam siaran pers belum lama ini.