Terima Kasih Defia Rosmaniar, Peraih Medali Emas Pertama Indonesia di Asian Games

oleh

JAKARTA – Akhirnya kontingen Indonesia mempersembahkan medali emas pertama di Asian Games 2018. Adalah Taekwondoin Indonesian Defia Rosmaniar menyabet medali emas cabang taekwondo Asian Games 2018 dari nomor Poomsae indivisual putri.

Berkat medali emas ini, Indonesia naik ke posisi tiga klasemen perolehan medali hingga Minggu petang 19 Agustus 2018. Posisi pertama dan kedua ditenggeri Korea dan China masing 2 emas dan dua perak. Korea unggul karena memiliki koleksi 1 perunggu.

BACA JUGA:  Raih Medali Emas ke-28 Indonesia, Pipiet Kamelia Langsung Sujud Syukur

Adapun Defia di babak final mengalahkan Marjan Salahshouri dari Iran dengan angka 8.690-8.470 dalam pertandingan di JCC Senayan, Jakarta, Minggu.

BACA JUGA:  Klasemen Asian Games 2018, Indonesia dan Iran Naik Turun di Peringkat 4

Sebelumnya Defia maju ke babak semifinal setelah lolos dari babak 16 besar dan perempat final. Di babak 16, Defia menyingkirkan Wong Kai Yu dari Hongkong, sementara di perempat final mengalahkan Tuyet Van Chau dari Vietnam.

BACA JUGA:  Pesilat Cantik Wewey Wita Sumbang Medali Emas ke-30 Indonesia

Di babak semifinal bertemu wakil Korea, Jihye Yun. Gadis yang dalam fotonya di laman Asian Games berhijab ini lahir 23 tahun lalu pada tanggal 25 Mei 1995. Desfia mempunyai tinggi 167 cm dan berat 51 kg.