Alhamdulillah, Jemaah Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Kota Mekkah

oleh
Jemaah haji Indonesia berangkat ke Mekkah. Foto ist

MADINAH, Beritasidrap.com – Jemaah haji kloter pertama mulai perjalanan dari Madinah menuju Mekkah hari ini Kamis 26 Juli 2018. Rencananya terdapat 18 kloter akan bergerak menuju Kota Mekkah untuk menjalankan ibadah haji.

Menurut info yang dirilis Kemenag, para jamaah akan berada di Mekkah sekitar 30 hari ke depan. Perjalanan bus ini dimulai dari kloter 1 asal Embarkasi Padang. Kemudian berturut-turut kloter awal lainnya asal JKG, JKS, SUB, SOC.

Mereka akan singgah di Abyar Ali atau biasa disebut Bir Ali. Para jemaah wajib mengambil miqat atau berniat untuk haji dari Bir Ali karena menuju Makkah dari Madinah.

Di masjid Dzul Hulaifah yang berada di komplek Bir Ali, jemaah haji mengambil wudlu untuk selanjutnya shalat sunnah dua rakaat di dalamnya. Selesai shalat para jemaah berniat ihram dan wajib menjaga diri dari larangan ihram sampai selesai umrah wajib.

Halaman masjid Bir Ali tampak berjajar bus-bus pengangkut jemaah yang didominasi oleh jemaah Indonesia. Salah satu jemaah asal Tegal mengaku bahagia bisa berhaji tahun ini. “Alhamdulillah saya bisa berhaji tahun ini, mohon doanya semoga ibadah kami dari SOC-3 berjalan lancar dan semoga para petugas dalam bekerja dengan baik selalu sehat,” ujarnya sambil menunggu teman-temannya memasuki bus.

Dia pun sempat bertanya ke petugas Sektor Bir Ali tentang perjalanannya ke Makkah. Selain menanyakan waktu tempuh dia juga berujar masalah konsumsi. “Sebenarnya kami tadi sudah diberikan bekal nasi box untuk perjalanan tapi sebagian besar sudah dimakan,” lanjutnya seraya bertanya apakah ada snack tambahan selama di perjalanan.

Selama berada di Madinah, jemaah haji menerima sarapan berupa roti yang dibagi malam hari bersamaan dengan pendistribusian makan malam. Kebanyakan jemaah Indonesia tidak terbiasa sarapan roti sehingga menu ‘selamat jalan’ dari Madinah untuk bekal makan siang di perjalanan ke Makkah sudah dinikmati untuk sarapan. (Kemenag/PR).