Prediksi Lebaran Idul Fitri 2018 Serentak oleh Muhammadiyah dan Pemerintah

oleh

JAKARTA – Jadwal kapan umat muslim Indonesia merayakan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah diprediksi serentak pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018. Sama seperti tahun sebelumnya, jadwal resmi penetapan Hari Raya Idul Fitri baru diumumkan oleh Kementerian Agama dalam sidang isbat.

BACA JUGA:  Tanpa Takbir 7x, Shalat Idul Fitri 1439 H di Karebosi Makassar Heboh di FB

Ormas Muhammadiyah jauh hari sudah mengunumkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018. Hal itu berdasar surat maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diedarkan ke wilayah.

Bagi ormas Muhammadiyah, penetapan lebaran hari raya Idul Fitri merujuk hasil perhitungan astronomi atau hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Adapun NU yang menjadi acuan pemerintah akan menetapkan hari raya Idul Fitri usai pemantauan hilal.

BACA JUGA:  Jadwal Puasa Pertama Ramadhan, Pemerintah dan Muhammadiyah 17 Mei 2018

Meski demikian pengamat astronomi yang juga Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin memprediksi lebaran akan serentak baik Muhammadiyah maupun NU. Menurutnya kebersamaan itu terjadi hingga tahun 2021.

BACA JUGA:  Hilal Belum Terlihat, Prediksi Lebaran Serentak Rabu 5 Juni 2019

“Tak cuma awal Ramadhan, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha juga akan sama. Pada 15 Juni atau 1 Syawal ketinggian bulan mencapai 2-3 derajat,” kata Thomas Djamaluddin pada sebuah wawancara akhir Mei 2018 lalu.