METRO  

Target Tuntas 100 Persen Vaksinasi, Sekda Sidrap: Data Warga Door to door

SIDRAP – Pemerintah Kabupaten Sidrap bersama TNI/Polri melakukan rapat koordinasi pencapaian cakupan vaksinasi covid-19 di Aula Kompleks Perkantoran Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Rabu (26/1/2022).

Rapat dihadiri para lurah, kepala desa, camat, kepala puskesmas serta Danramil dan Kapolsek yang ada di wilayah Kabupaten Sidrap.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi menyampaikan, target vaksinasi covid-19 berlanjut hingga 100 persen, di mana akhir 2021 hanya 70 persen.

“Tahun ini vaksinasi berlanjut. Kita sekarang ditarget harus tuntas 100 persen. Jadi untuk mencapai itu kita harus atur strategi,” ucap Sudirman Bungi dalam rapat koordinasi tersebut.

Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, masih ada 59.421 warga yang belum divaksin dari target 249.296 warga sasaran vaksinasi.

Untuk dosis pertama saat ini sudah mencapai 76,6 persen atau 189.875, termasuk 842 anak usia 6-11 tahun sudah divaksin.

Sudirman Bungi menyampaikan kepada seluruh lurah, kades, camat dan kepala puskesmas agar melakukan pendataan warga yang belum divaksin, dengan cara door to door.

“Artinya, kita harus datangi rumah warga melakukan pendataan siapa yang belum divaksin lalu kemudian dijadwalkan untuk dilakukan vaksinasi secara serentak,” ujarnya.

Para petugas juga diingatkan untuk melakukan upaya-upaya atau cara-cara baik untuk membujuk warga yang belum divaksin untuk bisa divaksin.

Vaksinasi sendiri bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dari serangan covid-19.

Sementara Kapolres Sidrap, AKBP Ponco dan Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Dodi Nurhidayat menyampaikan bahwa siap mengawal pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi tersebut.