Tips Memilih HP Gaming Terbaik agar Tidak Salah Pilih

  • Bagikan
Main game di ponsel. Foto ist

Beritasidrap.com – Salah membeli hp gaming bisa berakibat fatal untuk Anda yang suka melakukan streaming game.

Hp bisa saja cepat panas, belum lagi ngelag yang tentunya menjadi hambatan saat bermain.

Padahal Anda sudah membeli dengan harga mahal tetapi hasilnya sungguh mengecewakan.

Supaya tidak salah beli lagi, kali ini Anda harus tahu apa saja tips memilih hp gaming yang bagus. Bukan hanya masalah harga, tetapi juga spek hp yang mumpuni untuk digunakan bermain game.

Tips Memilih HP untuk Game yang Bagus dan Aman

Hadirnya game-game dengan kapasitas besar seperti PUBG, Call of Duty Mobile dan Mobile Legend menjadikan para gamers harus sedia smartphone dengan kapasitas memori besar. Selain memori juga ada fitur lainnya yang harus diperhatikan.

Ikuti beberapa tips pemilihan hp gaming terbaik yang bisa Anda ikuti berikut ini.

Prosesor yang Mumpuni
Peran prosesor sangatlah penting untuk sebuah perangkat elektronik seperti smartphone. Biasanya yang membuat harga smartphone mahal adalah komponen chipset atau prosesor ini.

Ada dua jenis prosesor yang sering digunakan hp gaming yaitu Mediatek dan juga Qualcomm. Jika hp yang ditawarkan menggunakan salah satu chipset ini Anda bisa memilihnya.

Layar Lebar yang Memuaskan
Ketika bermain game berjam-jam akan lebih nyaman jika Anda memilih smartphone dengan layar yang lebar. Ukuran layar ini juga menentukan besar kecilnya smartphone dan kenyamanan untuk digenggam.

Setidaknya ukuran minimal hp adalah 5,5 inci, semakin lebar tentu lebih bagus. Apalagi sebagian besar hp kini sudah dilengkapi dengan layar yang lebar jadi lebih mudah memilihnya.

Kualitas Gambar yang Nyaman
Soal kualitas gambar Anda bisa berpedoman dari resolusi layar. Semakin tinggi akan membuat mata lebih nyaman tidak lelah. Selain itu resolusi yang tinggi akan membuat tampilan game semakin bening.

Ketika Anda bermain game RPG tentunya resolusi yang tinggi ini akan sangat mendukung permainan. Setidaknya resolusi hp yang dimiliki adalah FULL HD 1080 atau bahkan di atasnya.

Resolusi tinggi pada layar hp akan memberikan dampak kerja berat pada prosesor. Alasan inilah yang membuat pemilihan prosesor berkualitas pun dibutuhkan.

Kapasitas Baterai yang Besar
Tips memilih hp gaming yang selanjutnya adalah mengenai penyimpanan daya yang disediakan. Hp yang digunakan untuk bermain game terus menerus apalagi jenis game yang berat akan menguras daya lebih cepat.

Tentunya akan sangat membantu ketika Anda harus bolak balik mengisi daya hp. Supaya tidak terus menerus menunggu pengisian daya akan lebih baik jika Anda memilih smartphone dengan baterai yang kapasitasnya besar.

Daya tahan yang baik minimal memiliki kapasitas baterai 3000 mAh untuk permainan yang ringan.

Sedangkan jika Anda memainkan game berat maka dibutuhkan baterai dengan kapasitas minimal 4000 mAh.

Ukuran RAM yang Tinggi

Selain prosesor, dapur pacu sebuah smartphone juga dipengaruhi oleh RAM. Komponen inilah yang akan menyimpan data instruksi game atau aplikasi sementara. Semakin tinggi RAM maka akan mudah bagi hp untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Sebagai gambaran, jika game yang Anda mainkan memiliki berat 2 GB lebih dan RAM hp juga ukurannya 2GB maka permainan akan terasa berat dioperasikan. Oleh karena itu RAM ponsel ukurannya juga harus lebih besar dibandingkan game yang dimainkan.

Saat ini sudah banyak smartphone dengan RAM tinggi seperti 4 GB bahkan lebih. Anda bisa memilih smartphone dengan RAM minimal 4 GB untuk bisa nyaman bermain game apapun.

Realme 8i, HP Gaming Terbagus yang Wajib Beli
Memperhatikan kelima tips di atas, hp realme 8i termasuk kategori hp gaming yang sangat direkomendasikan. Hp terbaru yang rilis di September 2021 ini termasuk seri ringan yang dikeluarkan oleh Realme tetapi sangat cocok untuk gaming.

Meskipun belum mendukung teknologi 5G, tetapi baik dapur pacu dan fiturnya sudah sangat mumpuni untuk bermain game. Seperti apa kelebihan dari realme 8i, simak berikut ini.

Desain
Apabila dilihat dari segi fisiknya, tampilan dari hp ini tidak kalah dengan Realme 8 yang rilis lebih dulu.

Meskipun masih menggunakan material plastik untuk body-nya, pada penutup belakang tampilannya glossy yang bisa menampilkan ornamen garis mengkilap.

Resolusinya sendiri adalah Full HD+ dengan 1080 X 2414 piksel. Ukuran layarnya sudah 6,6 inci yang akan membuat Anda lebih puas. Tingkat warna dan kecerahannya pun sangat bagus.

Dapur Pacu
Dilihat dari dapur pacunya, realme 8i memiliki performa yang lebih stabil.

Hal ini dibantu dengan chipset MediaTek Helio G69 (12 nm) dan GPU Mali -G57 MC2. Disediakan dua varian RAM yang bisa dipilih yaitu 4GB dengan memori internal 64 GB.

Ada juga RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB, Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai. Pada bagian baterai Anda akan merasa puas karena menggunakan baterai Li-PO 5000 mAh.

Mengikuti kelima tips memilih hp gaming, Anda tentunya tidak akan melewatkan penawaran yang dihadirkan oleh realme 8i. Ingin segera mendapatkan hp gaming ini? Anda bisa segera membelinya di Blibli.

Semua varian Realme terbaru termasuk Realmi 8i telah tersedia. Untuk memudahkan memilih, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian. Mulai dari lokasi seller terdekat dari alamat, tipe seller sampai dengan promo dan bintang dari seller.

Belanja di Blibli dijamin akan membuat Anda puas dengan produk yang dikirim langsung ke rumah. Tanpa harus pergi ke toko secara langsung, Anda bisa mendapatkan hp gaming yang diidam-idamkan.

  • Bagikan