Tak Hadiri Pleno DPS KPU, Doamu Soroti Disosdukcapil Sidrap

oleh

SIDRAP – Tim pemenangan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidrap Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DOAMU) menyoroti ketidakhadiran pihak Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) Sidrap, dalam rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di KPU Sidrap, Kamis (15/3/2018). Lewat Juru Bicaranya, Syamsul Bahri, Doamu sangat menyayangkan absennya pihak dalam rapat pleno penting itu.

BACA JUGA:  Versi LSI dan IPI, Dollah Mando Menang Sementara di Pilkada Sidrap

Menurut Syamsul Bahri, pihaknya ingin menanyakan beberapa hal terkait daftar pemilih. Terutama terkait adanya pemilih potensial untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kami sangat sayangkan pihak Disosdukcapil Sidrap absen. Kami ingin pertanyakan banyaknya pemilih potensial yang tidak memilii KTP elektronik,” kata Syamsul Bahri kepada wartawan.

BACA JUGA:  Sahabat Terbaik Tutup Usia, Dollah Mando Berduka

Tambahnya lagi, rapat pleno yang digelar di kantor KPU Sidrap, itu menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 213.461 pemilih. Namun, terdapat 12.059 pemilih potensial yang bisa maauk di daftar pemilih tetap.

“Sebenarnya kita ingin pertanyakan pemilih potensial itu. Sejauh mana progres Disosdukcapil untuk mengakomodasi masyarakat Sidrap yang belum memiliki e-ktp berdasarkan DPS yang sumbernya dari KPU Sidrap,” katanya.

BACA JUGA:  Hujan Deras, Ribuan Warga Malah Banjiri Kampanye Doamu di Empagae

Komisioner KPU Sidrap Divisi Perencanaan dan Data, Muslimin, mengaku pihaknya telah mengundang Disosdukcapil Sidrap. Hanya saja yang bersangkutan berhalangan. “Kami sudah mengundang, tapi tidak sempat hadir,” kata Muslimin.

Pemilih potensial yang belum memiliki e-KTP menurut data KPU terdiri atas, 6.814 laki-laki, dan 5.245 orang pemilih potensial perempuan.