Pilkada Bulukumba: Pelaku Kampanye Hitam Ditangkap

  • Bagikan

BULUKUMBA – Relawan dan pendukung pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf – Andi Edy Manaf menangkap basah sejumlah orang yang sedang melakukan kampanye hitam.

Mereka membagikan informasi yang menjelekkan paslon nomor 4 lewat media brosur atau pamplet yang disebar pada dini hari, Senin 7 Desember 2020.

Brosur yang dihamburkan itu dibawa menggunakan mobil lalu dihamburkan ke jalanan di wilayah tertentu di Kabupaten Bulukumba.

“Kebetulan saya mau ke Makassar. Saya lihat di jalanan ada mencurigakan dibuang dari mobil merah. Ternyata isinya brosur kampanye hitam,” kata Andi Ian, relawan HB yang menemukan.

Aksi dramatis saling kejar pun terjadi dari Kecamatan Bulukumpa hingga Bijawang.

“Saya langsung panggil teman untuk menghadang. Sempat lolos tapi kami kepung di jalanan Bijawang bersama pendukung HB,” bebernya.

Kini 9 orang telah diamankan di Polsek Bulukumpa. Mereka adalah mahasiswa dari Makassar yang mengaku dibayar paslon tertentu.

Ketua Tim HB, H Patudangi Azis membenarkan adanya penangkapan pelaku kampanye hitam.

“Saya langsung ke lokasi setelah terima info. Tiga orang tambahan ditangkap. Sehingga sebanyak 9 orang untuk dibawa ke bawaslu oleh Brimob. Dia mahasiswa dari Makassar yang diduga disuruh paslon tertentu,” katanya.

Informasi diperoleh kampanye hitam ini dikordinir oleh Riswan bin Jabiruddin (30) atas perintah Sandi.

“Saya disuruh Sandi bagikan 50.000 brosur itu. Saya merekrut mahasiswa dengan bayaran 500 rupiah perlembar,” beber Riswan.

Bersama pelaku, juga diamankan barang bukti berupa brosur kampanye hitam dan lembaran survei berlogo Lembaga Indikator.

  • Bagikan