Doodle Hari Ini 27 September 2020: Ulang Tahun Ke-22 Google

oleh
Ulang Tahun Google ke-22 di Doodle hari ini, 27 September 2020

BERITASIDRAP.COM – Situs mesin pencari ternama Google merayakan ulang tahun ke-22 tepat hari ini, Minggu 27 September 2020. Dalam sejarahnya, mesin pencari Google lahir atas pertemuan Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24) dan Sergey Brin, salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Lary tahun 1995.

Larry dan Sergey giat melakukan diskusi dan percobaan dalam membangun search engine yang diberi nama BackRub tahun berikutnya. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan yang digemborkan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus.

BACA JUGA:  Mengenal Taman Nasional Lorentz, Terbesar di Asean

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Awalnya mereka mendapat suntikan investasi dari, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems sebeasar 100 ribu Dollar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google dan sulit dicairkan.

BACA JUGA:  Doodle Google: Happy International Women’s Day 2020!

Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry. Akhirnya dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi.

Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar. Setelah menjalani perjuangan, perusahaan Google resmi didirikan pada 27 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

BACA JUGA:  Doodle Google: Happy International Women’s Day 2020!

Kata Google berasal dari kata Googlo. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS.

Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.