Dukungan Bebas untuk Ali Baharsyah Ramai di Twitter

oleh
Foto by Twitter.com/@Ahmady16354496

JAKARTA – Dua tagar terkait kasus Ali Baharsyah sedang tren di Twitter, Kamis 24 September 2020. Hashtag tersebut adalah #AliBaharsyahWajibBebas dan #DukungAliBaharsyahBebas.

Warganet tiba-tiba ramai mengunggah status dukungan bagi Ali Baharsyah, yang ditangkap atas dugaan kasus penghinaan kepada presiden masih berhubungan dengan virus Covid-19.

“Inilah fakta, Pasti setiap manusia memiliki kekurangan yang beragam. Maka, sebaiknya kamu lupakan rasa tersinggungmu agar tak mengganggu pikiranmu. Bebaskan Bung Ali Baharsyah. Masih banyak hal yang harus dipikirkan,” tulis akun Farah Iskandar.

BACA JUGA:  [Hoax] Awal Juli Tarif Dasar Listrik Naik 20%

Negara sedang ‘perang’ melawan virus Corona, akan tetapi Ali Baharsyah yang ‘diberondong’ Pasal dengan tuduhan macam-macam,” tambah akun Sucinr25

Ali Baharsyah ditangkap Bareskrim Polri April 2020 lalu bersama beberapa rekannya.

BACA JUGA:  Update Corona 25 Maret 2020: 13 Positif di Sulsel, Total 790 di Indonesia

Kepala Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Himawan Bayu Aji saat itu mengatakan AL ditangkap bersama tiga orang rekannya berinisial HAS (39), KH (24) dan AAP (20).

AL diduga kerap menghina Presiden Jokowi dan mendorong idologi khilafah ke sejumlah tempat dan disebar melalui media sosial.

Aksi AL tersebut, dijelaskan Himawan, sudah dilakukan sejak 2018 hingga saat ini. “Dia ini pemain lama sering mengkampanyekan ideologinya itu (khilafah) dan menghina penguasa melalui akun media sosial. Sementara ini, baru AL yang resmi jadi tersangka,” katanya Senin (6/4/2020).

BACA JUGA:  Meski di Luar Pemerintahan, Sandiaga Uno Tetap Jalankan Janji Kampanye

Himawan mengatakan bahwa pelaku dijerat Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), UU Nomor 40/2008, tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Pasal 207 tentang Penghinaan kepada penguasa, dan UU Pornografi.***