Google Doodle: Happy Birthday Arati Saha, Siapa Dia?

oleh
Arati Saha's 80th Birthday in Google Logo. Kamis 24 September 2020

LONDON – “Happy birthday, Arati Saha, and thank you for channeling your passion to inspire women everywhere!,” bunyi ucapan Google lewat doodle hari ini, Kamis 24 September 2020.

Doodle Google hari ini merayakan ulang tahun ke-80 perenang India yang inovatif, Arati Saha. Halaman utama Google di India, Inggris, Italia dan Islandia dimeriahkan oleh ilustrasi karya seniman asli dan tamu Kolkata, Lavanya Naidu.

Pada 29 September 1959, Saha menempuh perjalanan menakjubkan berenang sejauh 42 mil dari Cape Gris Nez, Prancis ke Sandgate, Inggris, sekaligus menjadi wanita Asia pertama yang berenang melintasi Selat Inggris — suatu prestasi berenang yang dianggap setara dengan mendaki Gunung Everest.

BACA JUGA:  China Taipei Raih Medali Emas Pertama Cabang Menembak

Arati Saha lahir pada hari ini pada tahun 1940 di Kalkuta, British India (Kolkata, India). Pada usia empat tahun, dia belajar berenang di tepi Sungai Hooghly, dan keahliannya yang dewasa sebelum waktunya di kolam menarik bimbingan dari salah satu perenang kompetitif terbaik India, Sachin Nag.

BACA JUGA:  China Taipei Raih Medali Emas Pertama Cabang Menembak

Di bawah kendali Nag, Saha memenangkan medali emas renang pertamanya ketika dia baru berusia lima tahun, dan itu jelas bukan yang terakhir untuknya.

Seorang anak ajaib yang mencetak rekor pada usia 11 tahun, Saha menjadi anggota termuda (dan satu dari hanya empat wanita) di tim pertama yang mewakili India yang baru merdeka pada Olimpiade Musim Panas 1952 di Helsinki, Finlandia.

BACA JUGA:  China Taipei Raih Medali Emas Pertama Cabang Menembak

Pada usia 18 tahun, Saha melakukan upaya pertamanya untuk melintasi Selat Inggris, dan meskipun tidak berhasil, dia tidak pernah menyerah. Lebih dari sebulan kemudian, dia menaklukkan bermil-mil gelombang dan arus yang bergolak untuk menyelesaikan perjalanannya, sebuah kemenangan bersejarah bagi wanita di seluruh India.

Untuk menghormati pencapaiannya yang abadi, Saha menjadi wanita pertama yang menerima penghargaan Padma Shri India pada tahun 1960.**