Doodle Google Rayakan Ultah Musisi Aborigin, Mandawuy Yunupingu

oleh
Ulang Tahun Ke-64 Mandawuy Yunupingu di Doodle Google

AUSTRALIA – “Happy birthday, Mandawuy Yunupingu, and thank you for sharing your music and principles with the world,” bunyi ucapan Google dalam halaman Doodlenya, Kamis 17 September 2020. Doodle Google hari ini merayakan musisi, pendidik, dan aktivis hak sipil Mandawuy Yunupingu.

Selain dikenal sebagai personel band Yothu Yindi yang diakui secara internasional dengan musiknya yang kuat menyebarkan suara-suara Pribumi tradisional ke seluruh dunia, Yunupingu adalah orang Australia Pribumi pertama yang ditunjuk sebagai kepala sekolah di negara tersebut.

BACA JUGA:  Wow, Gadis Bone Dinikahi Polisi Australia

Mandawuy Yunupingu lahir pada pada 17 September 1956 di Yirrkala di Northern Territory. Pada tahun 1987, ia memperoleh gelar Sarjana di bidang pendidikan dari Deakin University, sebelum kembali ke Yirrkala untuk mengajar.

Kembali ke kampungnya, Yunupingu mengabdikan dirinya pada bandnya Yothu Yindi, yang namanya diterjemahkan menjadi “ibu dan anak” dalam bahasa orang Yolngu. Berkomitmen pada konsep keseimbangan, band ini menyertakan musisi Aborigin dan non-Aborigin serta memadukan musik Pribumi tradisional dengan rock dan pop modern.

BACA JUGA:  Wow, Gadis Bone Dinikahi Polisi Australia

Yothu Yindi merilis album debutnya pada tahun 1989, tahun yang sama ketika Yunupingu menjadi kepala Sekolah Komunitas Yirrkala. Menggemakan pendekatannya terhadap musik, dia mengembangkan filosofi pendidikan yang mencakup ajaran Aborigin dan Barat.

Yothu Yindi kemudian mencapai ketenaran di seluruh dunia dengan hits seperti “Treaty” (1991), yang bertengger selama 22 minggu di tangga musik Australia.

Pada tahun 1992, Yunupingu dinobatkan sebagai Australian of the Year karena membantu membina pemahaman yang lebih dalam antara Aborigin dan non-Aborigin Australia.

Selamat ulang tahun, Mandawuy Yunupingu, dan terima kasih telah membagikan musik dan prinsip Anda kepada dunia.