Pencegahan Covid-19 BNPB: Gunakan Masker Selamatkan Jiwa

oleh
Bupati Sidrap Dollah Mando mengenakan masker pada kegiatan resmi pemerintahan

JAKARTA – Badan Nasional Penaaggulangan Bencana (BNPB) kembali mengingatkan pentingnya melindungi diri dan orang lain dari ancaman virus Corona atau COvid-19. Menurut BNPB, pencegahan Covid-19 saat ini dengan tiga hal utama yakni menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak aman.

“Gunakan masker akan menyelamatkan nyawa,” tulis BNPB dalam sejumlah kampanye kepada masyarakat, Rabu 16 September 2020. Masyarakat juga diminta untuk mengetahui fakta-fakta terkait virus corona. Tentunya dalam kondisi saat ini peting mengambil langkah pencegahan yang sesuai.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 masyarakat diminta cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.

BACA JUGA:  Humas BNPB Sutopo Meninggal Dunia di Guangzhou China

Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.
Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan. Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Anda serta mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Manfaat Masker
Masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya kepada orang lain. Mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari COVID-19, sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.