Insentif Kartu Prakerja Gagal Sebelum Jadwal Pencairan Tanggal 12 September 2020

oleh
Tangkapan layar insentif gagal cair pada 12 September 2020

JAKARTA – Sejumlah peserta Kartu Prakerja mengeluhkan insentif yang belum cair sesuai jadwal pada Sabtu tanggal 12 September 2020. Tak sedikit warganet peserta Kartu Prakerja mengaku melihat status gagal sebelum tanggal 12 September.

“Min kok gagal tanggal 11 September padahal belum tgl 12,” keluh akun Syarif54 di kolom komentar Instagram kartu Prakerja.go.id. Keluhan ini banyak dilontarkan peserta yang menggunakan eWallet seperti OVO, LinkAja dan GoPay.

Meski demikian, beberapa pemilik rekening BNI mengaku telah menerima pencairan sesuai jadwal 12 September 2020. “Alhamdulillah saya BNI sudah cair Tanggal 12 Sep pukul 00.23,” tulis akun Sukma di Instagram.

BACA JUGA:  Tata Cara Mendaftar Kartu Prakerja di Link prakerja.go.id

Beberapa pengguna telah mendapat balasan tanggapan dari akun Instagram terkait status gagal bagi insentif terjadwal 12 September. Instagram prakerja.go.id hanya memberikan penjelasan tentang langkah dan syarat mendapatkan insentif yang malah telah dipenuhi peserta. Seperti memberikan ulasan dan rating usai menjalani proses pelatihan di lembaga pelatihan.

Peserta memastikan rekening bank dan akun e-wallet yang tersambung dengan akun Prakerja yang masih aktif. Jangan lupa, NIK pada rekening bank atau akun e-wallet yang tersambung harus sama dengan NIK ketika mendaftar akun Pra Kerja.

BACA JUGA:  Resmi Dibuka, Berikut Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 8

Pastikan juga bahwa akun e-wallet sudah di-upgrade seperti OVO, GoPay atau LinkAja. Pastikan nomor HP pada akun e-wallet yang tersambung dengan akun Pra Kerja tidak diganti selama lima bulan ke depan.

Hingga Minggu pagi 13 September 2020, keluhan masih membanjiri kolom komentar postingan IG Prakerja.go.id terkait proses gagal pencairan insentif tanggal 12 September 2020. Mereka berharap mendapat penjelasan rinci atau solusi dari pihak Kartu Prakerja.

BACA JUGA:  Ini Solusi Saat Masalah di Verifikasi Email Kartu Prakerja

“Di pencairan insentif pertama terjadwal pada tanggal 12 September tetapi di tanggal 11 September insentif prakerjanya sudah gagal. Padahal di situ sudah jelas pencairannya pada tanggal 12 September, mohon arahannya kak …., mungkin pertanyaan saya bisa mewakili teman-teman yang gagal cair insentifnya pada tanggal 12 September,” tanya Fajar Yah.