Kapan BLT Tahap 2 Cair Terjawab Hari Ini

oleh

JAKARTA – Pertanyaan yang sedang diburu jawabannya terkait kapan BLT Tahap 2 cair kini terjawab. Sekaligus menjadi berita baik para pekerja yang belum menerima subsidi Dana Langsung Tunai (BLT) di tahap pertama.

Padahal telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal ini Kemnaker RI. Diberitahukan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Ketanagakerjaan (Kemnaker) RI menyalurkan BLT Tahap 2 pada hari ini, Selasa 1 September 2020.

Ini berarti jika Anda pekerja dan belum menerima BLT di tahap pertama, kemungkinan bisa masuk di tahap ini. BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) mengatakan subsidi gaji untuk karyawan sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan itu akan ditransfer ke rekening bank pekerja.

Sama seperti tahap pertama, akan langsung cair di penerima dengan bank BUMN. Dan mengalami proses kliring jika menggunakan bank swasta seperti BCA, Panin, CIMB Niaga dan lainnya.

“Pencairan BLT Tahap kedua dijadwalkan ke pekerja pada Selasa 1 September,” singkat Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto, kepada wartawan Senin 31 Agustus 2020.

Menurutnya sebanyak 3 juta pekerja akan menerima BLT Tahap 2 yang disalurkan melalui rekening tervalidasi. Besaran dana yang diterima setiap pekerja adalah Rp1,2 juta untuk dua bulan.

Pada Tahap pertama, pemerintah menyalurkan BLT kepada 2,5 juta pekerja dengan besaran sama. Saat ini BPJS Ketenagakerjaan menerima 14 juta rekening pekerja.

“Dari jumlah itu baru 11,3 juta rekening yang tervalidasi. Sisanya sedang dalam proses validasi,” ungkap Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja, dalam keterangan pers belum lama ini.