Warga Desa Wanio Timoreng Gelar Pesta Panen Mappadendang

oleh

SIDRAP – Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen, masyarakat Dusun Sabbang Desa Wanio Timoreng Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap menggelar acara “Mappadendang”.

Kegiatan pesta panen itu berlangsung Rabu (5/8/2020), di areal persawahan Aju Karessi.

Hadir dalam acara tersebut Camat Panca Lautang, Muhammad Basri, Pimpinan Pertanian Kecamatan (PPK) Panca Lautang Syamsu Alam dan Kades Wanio Timoreng Syamsuddin.

Tampak pula, Sekdes Wanio Timoreng Rifaldi, Babinkantibmas Wanio Timoreng, petugas penyuluh pertanian dan para pengurus kelompok tani dan masyarakat tani di Wanio Timoreng.

Camat Panca Lautang terlihat membaur dengan masyarakat merayakan pesta panen dan mengikuti berbagai rangkaian acara.

Mappadendang sendiri merupakan kegiatan rutin masyarakat setempat setiap selesai panen padi.

Dalam sambutannya, Camat Panca Lautang mengingatkan, setiap nikmat yang diberi Allah SWT patut untuk disyukuri, terlebih nikmat panen di tengah wabah pandemi yang melanda ini.

“Ini sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat dan limpahan rezeki yang telah diberikan kepada para petani khususnya dan masyarakat pada umumnya. Bangkitkan kembali kegiatan gotong royong yang menjadi warisan para leluhur kita,” ungkap Muhammad Basri.

Lebih lanjut, Ia berharap kerjasama masyarakat dengan pemerintah dapat ditingkatkan, termasuk dalam memberantas hama tikus dan hama wereng lainya.

Di akhir sambutannya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama memutus mata rantai penularan virus corona dengan tetap patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19.

“Tetap menjaga dan menekan penularan Covid-19 dengan tetap pakai masker, cuci tangan, pakai sabun, jaga jarak, dan yang lebih utama adalah berdoa kepada Allah SWT,” harapnya.

oleh