Bupati Sidrap Ikuti Halal Bihalal Virtual Fakultas Pertanian Unhas

oleh

SIDRAP – Fakultas Pertanian Unhas menggelar halal bihalal virtual dengan tema “Sinergi Triple Helix dari Segi Peningkatan SDM Petani”, Sabtu (20/6/2020).

Acara tersebut diikuti langsung Bupati Sidrap H. Dollah Mando di rumah jabatannya, Jl Lanto Dg Pasewang, Pangkajene melalui aplikasi zoom.

Tampak mengikuti acara tersebut mantan Menteri Pertanian H.A. Amran Sulaiman, Bupati Kolaka Utara H. Nur Rahman Umar, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong serta Kepala Badan Litbang Pertanian Fadjry Djufry, serta peserta halal bihalal lainnya.

Mengawali kegiatan halal bihalal, Dekan fakultas pertanian Unhas Ir. Baharuddin menjelaskan pandemi Covid-19 tidak menghalangi untuk terus menhaga silturahmi walaupun secara virtual.

“Acara halal bihalal virtual ini dapat menjadi ajang saling menyapa dan saling memberikan masukan maupun ide dalam mengatasi permasalahan permasalahan pertanian ditengah Covid-19” jelasnya mengawali kegiatan.

Acara kemudian dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Dwia mengapresiasi acara halal bihalal virtual yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Unhas.

“Semoga acara halal bihalal ini nantinya bisa melahirkan gagasan atau ide yang tidak saja penting bagi universitas atau akademisi, tetapi juga untuk kemajuan pemerintah maupun bangsa ini,” sambut Dwia.

Dwia menambahkan, saat sekarang ini situasi pandemi, kita ketahui perekonomian kita yang makin melemah. Olehnya itu, Ia mengajak untuk bersama sama mencari solusi maupun masukan atas permasalahan ini, melalui acara halal bihalal virtual tersebut.

“Peranan kita semua sangat diperlukan, utamanya alumni fakultas pertanian, karena salah satu strategi untuk memperkuat ekonomi domestik ialah menggalakkan industri di sektor pangan terutama mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian atau pangan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua ISA fakultas pertanian Unhas, Agus Arifin Nu’mang saat menyampaikan sambutannya.

Ia mengatakan, kondisi seperti saat sekarang ini, melahirkan ide maupun gagasan sangat diperlukan terutama dalam menghadapi situasi pandemi covid-19 yang tidak menentu.

“Apalagi menurut prediksi bahwa, setelah wabah ini akan terjadi persoalan pangan, tentunya ini menjadi tantangan bagi kita semua khususnya kita ini alumni pertanian untuk bagaimana cara meningkatkan produksi pertanian,” ujar mantan Wagub Sulsel itu.

Sementara itu Bupati Sidrap Dollah Mando dalam halal bihalal virtual fakultas pertanian itu memaparkan situasi pertanian di Kabupaten Sidrap.

Pada dasarnya petani di Sidrap telah menunggunakan teknologi yang dianjurkan. Berbicara SDM petani terkait teknologi, kata Dollah, tentunya tak lepas dari upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap.

“Salah satunya melalui pendirian Kampus Unhas di Sidrap yakni jurusan pertanian dan peternakan. Semoga dengan adanya jurusan pertanian ini dapat melahirkan sumber daya manusia pertanian yang andal dan bisa menjadi contoh di kabupaten lainnya” harapnya.

Tak lupa pada kesempatan tersebut, Bupati Sidrap juga menyampaikan terima kasih atas dukungan terhadap sektor pertanian di Kabupaten Sidrap.

Acara kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan saling bertukar informasi dan gagasan untuk pengembangan SDM di bidang pertanian.

Adapun hikmah halal bihalal disampaikan oleh ketua kajian dan tarbiyah Masjid Kampus Unhas, Ir. Ahmad Munir.