Tiga Desa di Kecamatan Pitu Riawa Salurkan BLT-DD Tahap II

oleh

SIDRAP – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua di Kecamatan Pitu Riawa hari ini, Kamis (11/6/2020) berlangsung di tiga desa.

Tiga desa tersebut yakni Desa Ajubissue, Desa Dongi, dan Desa Anabannae yang disalurkan di kantor desa masing-masing.

Untuk Desa Ajubissue, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 42 KK, Desa Dongi 106 KK, dan Desa Anabannae 66 KK.

Penyaluran dihadiri Kadis PMDPPA Sidrap, H. Abbas Aras dan Camat Pitu Riawa, Muhammad Bakri, Tenaga Ahli P3MD Sidrap, Abdul Halik dan Pendamping Desa Andi Patmawangsa. Di setiap desa, penyaluran dihadiri kepala desa, babinsa dan bhabinkamtibmas masing-masing.

Di Desa Dongi, sebagaimana dijelaskan oleh Sulaeman Malle selaku kepala desa, bukan hanya BLT-DD yang diterima oleh warga.

“Di Desa kami ada juga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI sebanyak 158 KK. Sehingga jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT-DD dan BST sebanyak 264 KK,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, data penerima diverifikasi secara ketat oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidrap sehingga dipastikan tidak ada penerima ganda dalam penyaluran BLT di Desa Dongi.

Selain itu, ia juga mengatakan saat ini Desa Dongi tetap melakukan protokol Covid-19 di antaranya melakukan penyemprotan disinfektan keliling dua kali sebulan.

“Ini akan kami terus lakukan sampai pandemi covid-19 ini berakhir,” tutur Kades Dongi dua periode itu.

Sementara Camat Pitu Riawa, Muhammad Bakri mengatakan, pemerintah mempunyai kewajiban untuk membantu masyarakatnya apalagi sekarang ini dihadapkan wabah covid-19.

“Apa yang diberikan oleh pemerintah, Saya harap bisa mengurangi beban kita. Untuk itu Saya ingat kepada penerima agar bantuan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga,” katanya.

Muhammad Bakri juga mengatakan, saat ini pemerintah sudah membuka atau meloggarkan aktivitas keseharian masyarakat, termasuk salah satunya dibukanya kembali masjid untuk beribadah.

“Ini tentunya dilaksanakan dengan tetap mengikuti persyaratan dan protokoler kesehatan,” lanjutnya.

Karenanya Ia juga berpesan jika melakukan aktivitas di luar rumah agar selalu memakai masker dan mencuci tangan setelah selesai beraktivitas.

Senada dengan itu, Kadis PMDPPA, Abbas Aras mengatakan, bantuan yang diberikan diharapkan bisa bermanfaat di tengah pandemi covid-19.

“Bantuan ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik, utamanya untuk kebutuhan pokok sehari-hari yang bergizi sehingga kita bisa tahan dari penyakit,” katanya.

Ia juga berpesan agar masyarakat terus waspada dengan penyebaran Covid-19. “Tetap patuhi anjuran pemerintah, selalu gunakan masker saat bepergian. Mari sama-sama berdoa semoga pandemi ini segera berlalu,” katanya.