Melalui Vidcon Kebugis dan Pemkab Sidrap Gelar Halal Bihalal

oleh

SIDRAP – Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidrap (PB-Kebugis) bersama Pemerintah Kabupaten Sidrap, mengadakan halal bihalal melalui vidcon, Sabtu (6/6/2020).

Acara diikuti Bupati Sidrap, H Dollah Mando di rumah jabatannya. Ia didampingi Kadis Kominfo Sidrap Ir.Kandacong Mappile, Kabag Kesra Bachtiar.

Turut hadir Kabid PSDI Kominfo Anwar D Nurdin, Kabid Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik dan Statistik, Mashuri.

Halal bihalal juga diikuti Wakil Bupati Sidrap H.Mahmud Yusuf, Ketua Umum Kebugis, Irjen Pol Dr M Said Saile, Ketua Dewan Pembina Kebugis H M Alwi Hamu, serta para keluarga Kebugis se-Indonesia

Acara halal bihalal tersebut mengangkat tema, “Mempererat Assimpulologen Di Era Digital”

Ketua Umum Kebugis dalam sambutannya mengatakan, ini kali pertama PB Kebugis melaksanakan hajatan acara halal bihalal secara online dengan Pemerintah Kabupaten Sidrap.

“Walaupun di tengah wabah Covid-19 ini jangan sampai silaturahmi kita terbatasi, justru di tengah wabah yang kita hadapi komunikasi dan silaturahmi harus lebih terjalin dengan cara memanfaatkan kecanggihan digital,” ujar Said Saile.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menyinggung pembangunan Masjid Islamic Center Kebugis di Sidrap.

“Kita tentunya semua memiliki harapan besar bagi perkembangan dan kemajuan daerah, seperti harapan yang dimiliki orang-orang Sidrap di perantauan yang mendambakan ke depan Sidrap memiliki Masjid Islamic Center Kebugis,” lontarnya.

Sementara itu, Bupati Sidrap mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus Kebugis atas gagasan serta terselenggaranya acara halal bihalal itu.

“Halal bihalal di tengah pendemi Covid-19 tentu sangat berbeda karena dilakukan secara online atau virtual, namun ini tidak menjadi penghalang penyemangat untuk melanjutkan tradisi yang ada, bersilaturahim dan membahas beberapa hal hal untuk kemajuan daerah kita bersama Kebugis dan Pemerintah Kabupaten Sidrap,” sambutnya.

Pada kesempatan itu pula, Dollah menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sidrap.

‘’Alhamdulillah, Sidrap jumlah pasien korona sampai sekarang berkurang, dari hari ke hari sudah ada yang pulih. Namun dari itu salah satu petugas kesehatan kita yang sama-sama kita kenal yakni H. Umar telah meninggal dunia akibat virus Covid-19. Mudah-mudahan amal baik beliau diterima disisi Allah SWT, dan mari kita berdoa mudah-mudahan semua pasien yang menjalani perawatan bisa cepat sembuh dan situasi bisa cepat normal seperti semula,’’harap Bupati.

Halal bihalal diisi dengan tauziah yang dibawakan Ust Lukman Hasyim. Dalam tauziahnya mengajak untuk menjaga tali silturahim, memperbaiki hubungan dengan sesama manusia.

“Mari kita saling memaafkan, karena Alquran mengajarkan kita untuk saling memaafkan. Jika memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, maka Allah akan melapangkan hidup kita” ujar Lukman dalam tauziahnya.

Tak lupa Uzt Lukman Hasyim juga mengajak untuk mengabil hikmah dari musibah wabah Covid-19 ini.

“Sebagai manusia tentunya tidak semua bisa mengambil hikmah dari wabah ini, tetapi bagi yang beriman kepada Allah swt tentunya bisa mengambil hikmah wabah ini,” jelasnya.