Tata Cara Shalat Idul Fitri 2020 di Rumah, Bisa Sendiri-sendiri Saat COVID-19

oleh

MAKASSAR – Lebaran Idul Fiitri 1441 Hijriyah atau 2020 akan berbeda. Akibat pandemik Covid-19, pemerintah mengimbau Salat Id di rumah bukan di lapangan atau masjid.

Dilansir dari akun resmi Wahdah Islamiiyah di Facebook, Salat Id di suasa Covid bisa digelar di rumah. Baik secara berjamaah maupun sendiri-sendiri.

“Karena tidak memungkinkan di masjid atau lapangan maka dilakukan sendiri di rumah. Atau secara berjamaah bersama anggota keluarga,” kata Oleh: ustadz Ridwan Hamidi, Lc., M.PI., M.A, Anggota Dewan Syariah Wahdah Islamiyah dalam sebuah video. Adapun tata cara shalat id di rumah sama saat saat di lapangan atau masjid dengan 2 rakaat.

BACA JUGA:  Muhammadiyah: Idul Fitri 1440 H Jatuh 5 Juni 2019, Pemerintah Kapan?

Shalat Id di rumah juga tanpa ada shalat sunnah lain sebelum dan sesudah. Di sunnahkan mandi, makan dan perbanyak takbir sebelum Shalat Id.

BACA JUGA:  Hilal Belum Terlihat, Prediksi Lebaran Serentak Rabu 5 Juni 2019

Waktunya shalat setelah matahari terbit atau sekurang kurangnya 90 menit setelah Subuh. “Shalat id setelah jam 6 pagi,” tambahnya.

Shalat id dimulai dengan niat lalu takbiraturirham, lalu diikuti takbir 7 kali. Membaca Doa iftoitah, Surah Alfatihah, surah pendek dan terus seperti shalat biasanya.

Pada rakaat kedua, dilanjutkan dengan takbir 5 kali di luar takbir saat bangkit dari sujud. Lalu membaca Surah Alfatihah, surat pendek hingga berakhir dengan salam seperti salat lain.

BACA JUGA:  Jamuan Sederhana, Open House Dollah Mando Dibanjiri Warga Sidrap

Setelah salam maka shalat id selesai. Karena tidak memungkinkan bisa dengan khutbah atau tanpa khutbah. Karena kondisi Corona maka sebaiknya menghindari salam-salaman. Cukup mmperbanyak saling mendoakan.

Tonton Video Penjelasan di Sini