Derita Hidrocefalus, Bocah Arsih di Sidrap Butuh Uluran Tangan Dermawan

oleh

SIDRAP – Sungguh malang nian nasib yang dialami seorang bocah di Kelurahan Batu Lappa Kecamatan Watang Pulu, Sidrap Ini. Betapa tidak, anak sebayanya bermain riang sementaranya dirinya harus menanggung derita lantaran sakit yang dideritanya.

Arsih, anak bungsu dari tiga bersaudara, buah pernikahan Abd Hamid dan Nutrianah ini sejak lahir mengidap penyakit Hidrocefalus (Hydrocephalus) yakni penyakit pembesaran kepala yang memaksanya tidak tumbuh layaknya anak seusianya.

Orang tua Arsih yang tinggal dibelakang kantor Bupati Sidrap ini kesehariannya sebagai kuli bangunan serta IRT saja, sehingga untuk mengobati anaknya tidak maksimal meskipun telah mengantongi kartu BPJS Mandiri.

Dia terdaftar sebagai pemegang kartu BPJS Mandiri awalnya karena terdesak kebutuhan untuk mengobati penyakit anaknya. Hingga sekarang ini Arsih sudah 3 kali menjalani operasi di Makassar dengan memakai BPJS mandiri.

Selain itu, Arsih juga selalu dalam pantauan PKM Lawawoi atas arahan Bupati Sidrap, Dollah Mando. Namun, biaya hidup di Makassar saat berobat merupakan kendala bahkan, selama bolak balik ke Makassar berobat sering juga terlambat membayar BPJS mandirinya karena tak ada biaya.

Akibat terdaftarnya sebagai peserta BPJS Mandiri ini, sehingga keluarga Abd Hamid dan Nutrianah dan tiga anaknya sehingga selalu luput dari bantuan pemerintah.

Camat Watang Pulu, Andi Surya Hadiningrat kepada awak medis akan mengupayakan mengusulkan kepada Bupati Sidrap agar meminta Dinas Kesehatan agar mengalihkan status kepesertaan BPJS Mandiri kepada keluarga Arsih ke BPJS pemerintah.

“Insyah Allah, kami secepatnya akan menyampaikan kepada bapak Bupati agar Dinas Kesehatan mengubah status kepesertaan BPJS milik Arsih dan keluarganya,” ucap Andi Surya.

Setidaknya kata mantan Kabid PSDI Dinas Infokom Sidrap ini dapat meringankan beban hidup dari keluarga Abd Hamid sehingga dapat lebih maksimal menjalankan pengobatan kepada Arsih.

Andi Surya yang juga Ketua WCC (Whitecarcomunity) Sidrap ini tadi sore, Senin, (11/05/2020) berkesempatan mengunjungi rumah Arsih untuk memberikan donasi senilai Rp1,5 juta untuk Arsih sekeluarga.

Untuk para dermawan yang ingin berbagi kepada Arsih beserta keluarganya dapat datang langsung ke rumah Abd Hamid dibelakang Kantor Bupati Sidrap atau menghubungi nomor orang tuanya 085298124232.