BLT Untuk Warga Terdampak Pandemi COVID-19 di Sidrap Disalurkan

oleh

SIDRAP – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) mulai disalurkan di Kabupaten Sidrap. Desa pertama yang melakukan pencairan adalah Desa Buae Kecamatan Watangpulu, Senin (4/5/2020).

Bantuan bagi warga terdampak pandemi Covid-19 itu diserahkan secara simbolis Bupati Sidrap, H Dollah Mando di Kantor Desa Buae.

Saat menyerahkan bantuan, Dollah didampingi Kadis Pemdes PPA, H Abbas Aras, Camat Watangpulu, Andi Surya Praja Hadiningrat, Kapolsek Watangpulu, Iptu Zakaria dan Kades Buae, H Laupe Umar.

Dalam sambutannya, Dollah mengatakan bantuan tersebut merupakan perhatian pemerintah dalam meringankan beban warga terdampak Covid-19. “Semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya,” pesannya.

Dollah juga mengingatkan warga senantiasa mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

“Tetap tinggal di rumah, jaga kebersihan, jaga jarak dan selalu gunakan masker kalau harus keluar rumah. Kalau tidak punya masker hubungi Pak Desa,” ujar Dollah.

Camat Watangpulu, Andi Surya Hadiningrat mengatakan, Desa Buae merupakan yang pertama menyalurkan bantuan setelah melalui proses pendataan sesuai rekomendasi Kementerian Desa dan validasi dari Dinas Sosial.

“Ada 180 KK penerima BLT di Desa Buae. Saat ini yang diterima adalah bantuan untuk bulan April,” terang mantan Kabid PSDI Kominfo itu.

Sementara Kadis Pemdes PPA Sidrap, Abbas Aras menerangkan, desa-desa lain di Sidrap segera menyusul melakukan pencairan. “Insya Allah besok akan dilakukan pencairan di Desa Padangloang. Desa-desa lain juga akan menyusul,” terang Abbas.

Mantan Camat Pitu Riase itu mengutarakan, BLT warga terdampak Covid-19 diberikan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni 2020. Besaran yang diterima setiap bulan senilai Rp600 ribu.

Adapun penerima BLT di Sidrap tercatat sebanyak 11.348 KK tersebar di 68 desa dengan total dana senilai Rp20.492.476.650.

“Penerima memenuhi rekomendasikan Kementerian Desa dan persyaratan lain yang ditetapkan . Di antaranya, di luar penerima PKH, bukan penerima bantuan pangan dan pra kerja,” papar Abbas.

Sementara itu, usai penyerahkan secara simbolis, Kadis Pemdes PPA, Camat Watangpulu bersama babinsa dan bhabinkantibmas Desa Buae menyalurkan langsung BLT ke sejumlah rumah warga penerima.