Bela Jokowi, Ini Beda Mudik dan Pulkam Menurut Denny Siregar

oleh

JAKARTA – Penulis buku Denny Siregar, angkat bicara mengenai viralnya video Presiden Jokowi saat live di acara Mata Najwa, Rabu 22 April 2020. Saat acara itu, Najwa memberikan pertanyaan kepada Jokowi terkait banyaknya warga yang melakukan mudik lebih dulu.

Jokowi mengatakan bahwa ada perbedaan antara mudik dan pulang kampung. “Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung,” jawab Jokowi.

Jawaban Presiden itu membuat geger di dunia maya. Menurut Denny, jawaban Presiden terkait pada masa penanggulangan corona atau COVID-19.

Ia memuji jawaban Jokowi yang elegan. “Pulang kampung itu orang yang mencari uang di kota dan pulang ke rumahnya yang ada di kampung lain. Sedangkan mudik, khusus pulang untuk iedul fitri..”tulis Denny, mengutip pernyataan Jokowi saat tampil di Trans7.

Dan Jokowi kembali menjelaskan, bahwa jika sejak awal orang tidak boleh pulang ke kampungnya. Sedangkan di kota sudah tidak ada kerjaan, maka mereka akan menimbulkan masalah baru, yaitu masalah sosial.

Sedangkan khusus orang yang mudik, orang itu tidak punya masalah dengan ekonominya dan memutuskan untuk pulang saat iedul fitri. “Ini yang dilarang karena tidak berkaitan dgn masalah ekonomi dan sosial,” tulis Denny di akun Facebooknya.