Awal Ramadan 1441H/ 2020 Diumumkan Pemerintah via Live Streaming

oleh

JAKARTA – Awal Ramadhan tahun 1441 Hijriyah akan diumumkan pemerintah melalui Kemenag pada Kamis tanggal 23 April 2020. Hasil sidang isbat itu juga akan tayang melalui live streaming Kemenag di beberapa akun sosial media.

Hal itu dikatakan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (20/04) di kantornya. Pengumuman hasil sidang isbat dipaparkan secara terbuka oleh Menag melalui telekonferensi pers.

BACA JUGA:  Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H dari Kemenag di Sidrap dan Indonesia

Sehingga, media tidak perlu hadir di kantor Kementerian Agama. Bahkan masyarakat umum dapat langsung mengikuti pemaparan hasil sidang isbat.

“Publik bisa mengikutinya melalui live streaming web dan medsos Kemenag,” katanya. Sebelum pemaparan hasil, lebih dulu digelar sidang isbat dengan mengikuti protokol kesehatan dampak virus corona atau COVID-19.

“Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference. Sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama,” ujar Kamaruddin.

BACA JUGA:  Hilal Belum Terlihat, Prediksi Lebaran Serentak Rabu 5 Juni 2019

Pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441H/2020M digelar pada 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Kamaruddin Amin mengatakan, rukyatul hilal akan dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerjasama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung.

“Rukyatul hilal dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerjasama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung. Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur, 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi,” terang Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (20/4).

BACA JUGA:  Hasil Sidang Isbat Pemerintah, 1 Syawal Jatuh Rabu 5 Juni 2019

“Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai,” tutupnya.